PENGARUH PENGGUNAAN SUDOKU TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS VII MTs AL-MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR

M. ILHAM ZUHDI, 12204193231 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SUDOKU TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK SISWA KELAS VII MTs AL-MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
BAB. III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Sudoku Terhadap Kemampuan Numerik Siswa Kelas VII Mts Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh M. Ilham Zuhdi, NIM. 12204193231, pembimbing Nur Cholis, S. Pd. I., M. Pd. Kata Kunci: Sudoku, Kemampuan Numerik, Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh timbulnya kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan numerik siswa dalam pembelajaran matematika di tingkat kelas VII Madrasah Tsanawiyah Tlogo Kanigoro Blitar. Matematika memiliki peran sentral dalam pendidikan, dan kemampuan numerik yang kuat merupakan landasan bagi pemahaman yang lebih mendalam dalam matematika. Namun, seringkali siswa menghadapi kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika dasar. Sudoku, sebagai permainan yang melibatkan angka-angka dan logika, menjadi potensi media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan kemampuan numerik siswa kelas VII MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar melalui permainan Sudoku. Pendekatan yang digunakan dalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Sampel penelitian adalah 14 siswa kelas VII A MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Data yang diperoleh berupa data hasil observasi, hasil tes tulis, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yakni reduksi data, paparan data, analisis data statistik dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Penggunaan Sudoku signifikan meningkatkan kemampuan numerik siswa berdasarkan hasil uji hipotesis dengan nilai Signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, hal tersebut menunjukkan perbedaan statistik yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. 2) Penggunaan permainan sudoku terhadap kemampuan numerik siswa kelas VII MTs Al- Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar memiliki pengaruh yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistik menggunakan rumus Effect Size Cohen’s d kemudian telah dipertimbangkan dengan standar effect size menurut Becker yang menghasilkan nilai sebesar 0.841509165 > 0.8.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Matematika > Pola Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193231 M. ILHAM ZUHDI
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:03
Last Modified: 21 Mar 2024 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44381

Actions (login required)

View Item View Item