MIA SETYANINGSIH, 12211193002 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Teams Achievement Divison) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA KELAS VIII MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI MTSN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (751kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (465kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (416kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Kelas VIII Materi Cahaya dan Alat Optik di MTsN 1 Trenggalek” ditulis oleh Mia Setyaningsih NIM 12211193002, Program Studi Tadris Fisika dengan dosen pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divison), Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, Cahaya dan Alat Optik Permasalah utama dari penelitian ini yaitu renahnya hasil belajar siswa pada materi IPA (Fisika) yang disebabkan kurangnya keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Siswa cenderung mdah bosan ketika pembelajaran berlangsung karena guru masih menggunakan model pembebelajara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) ) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi cahaya dan alat optik di MTsN 1 Trenggalek ; 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) ) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi cahaya dan alat optik di MTsN 1 Trenggalek; 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) ) terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa pada materi cahaya dan alat optik di MTsN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling. Dengan sampel yang terdiri dari 32 siswa kelas VIII J sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIII K srbagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan adalah 1) uji instrumen berupa validitas dan reliabilitas; 2) uji prasyarat berupa uji homogenitas dan normalitas; 3) uji hipotesis berupa uji independent t-test dan uji MANOVA Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) ) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi cahaya dan alat optik di MTsN 1 Trenggalek dengan nilai sig sebesar 0,000. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) ) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi cahaya dan alat optik di MTsN 1 Trenggalek dengan nilai sig sebesar 0,000. Hasil uji hipotesis ketiga menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divison) ) terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa pada materi cahaya dan alat optik di MTsN 1 Trenggalek dengan nilai sig. Sebesar 0,000
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 12211193002 MIA SETYANINGSIH |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:21 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44418 |
Actions (login required)
View Item |