ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI VIRUS DI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK

KARINA SABTI PANGESTU TRI HAMIDAH, 12208193047 (2023) ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI VIRUS DI SMA NEGERI 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (847kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (861kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59kB)

Abstract

Karina Sabti Pangestu Tri Hamidah, NIM. 12208193047. Skripsi dengan judul “Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Virus Di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek” Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si. Kata kunci: Keterampilan Berpiki Kritis, Virus Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pada era globalisasi peningkatan kemampuan dan keterampilan siswa harus mengikuti perkembangan zaman. Salah-satunya keterampilan siswa dalam pembelajaran adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Keterampilan ini penting bagi siswa dapat membantu siswa dalam merangsang daya pikir kognitif dalam mendapatkan pengetahuan. Di SMA Negeri 1 Durenan terdapat beberapa siswa yang belum memiliki keterampilan berpikir kritis dilihat dari hasil penyelesaian soal yang diajukan siswa kurang mampu dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru. Saat pembelajaran guru memberikan soal siswa hanya mampu memberikan jawaban singkat dan tidak dapat memberikan alasannya sehingga dapat dikatakan keterampilan dalam mengkomunikasikan hasil keterampilan berpikir masih masih kurang. Beberapa siswa tidak mampu menyelesaikan soal sulit yang memerlukan tingkat berpikir tinggi. Berdasarkan permasalah-permasalahan yang ada diperlukan analisis keterampilan berpikir kritis siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X dengan kemampuan akademik tinggi di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X dengan kemampuan akademik sedang di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. (3) Untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X dengan kemampuan akademik rendah di SMA Negeri 1 Durenan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Durenan yaitu 3 siswa dengan kemampuan akademik tinggi, 3 siswa dengan kemampuan akademik sedang, dan 3 siswa dengan kemampuan akademik sedang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data (Data Collection), reduksi data (Data Reduction), penyajian data (Data Display), penarik kesimpulan dan verifikasi (Conclution drawing). Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan peneliti, triangulasi sumber dan metode, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Siswa dengan kemampuan akademik tinggi dapat memenuhi lima indikator berpikir kritis, yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat penjelasan sederhana, membuat kesimpulan, dan mengatur strategi dan taktik. 2) Siswa dengan kemampuan akademik sedang, memenuhi empat indikator berpikir kritis, yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat penjelasan lebih lanjut, membuat kesimpulan. 3) Siswa dengan kemampuan akademik rendah, memenuhi satu aspek keterampilan berpikir kritis, yaitu memberikan penjelasan sederhana.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193047 KARINA SABTI PANGESTU TRI HAMIDAH
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:07
Last Modified: 25 Mar 2024 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44437

Actions (login required)

View Item View Item