IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SEBAGAI UPAYA PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA SMAN 4 KEDIRI

SINTA AYUDEANA WAHYUDIN, 12209193110 (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SEBAGAI UPAYA PENGUATAN NILAI KARAKTER SISWA SMAN 4 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Pendidikan Multikultural Pada Mata Pelajaran Sosiologi Sebagai Upaya Penguatan Nilai Karakter Siswa SMAN 4 Kediri” ini di tulis oleh Sinta Ayudeana Wahyudin, NIM. 12209193110, Pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Multikultural, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya keragaman. Dari adanya keragaman tersebut siswa saling mengejek mengenai status sosial, perbedaan budaya, perbedaan agama, perbedaan warna kulit, dan perbedaan dialek. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah keragaman dengan karakter siswa di SMAN 4 Kediri. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah dasar yang digunakan sebagai acuan dalam implementasi pendidikan multikultural pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 4 Kediri? (2) Bagaimana proses pendidikan multikultural dalam pembelajaran Sosiologi pada kelas di SMAN 4 Kediri? (3) Bagaimana implikasi penanaman nilai karakter dalam pembelajaran Sosiologi pada kelas di SMAN 4 Kediri? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan daya deskriptif dari informasi tentang implementasi pendidikan multikultural pada mata pelajaran sosiologi sebagai upaya penguatan nilai karakter siswa SMAN 4 Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang didapat pada penelitian menunjukkan bahwa 1) Dasar yang digunakan sebagai acuan dalam implementasi pendidikan muktikultural pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 4 Kediri adalah adanya keragaman yang ada di SMAN 4 Kediri dan visi misi dari SMAN 4 Kediri. Keragaman yang ada di SMAN 4 Kediri, tidak hanya budaya melainkan juga Agama yang ada di SMAN 4 Kediri. Dimana pada mata pelajaran sosiologi itu pendidikan multikultural sangat erat kaitannya dengan hubungan manusia. 2) Proses Pendidikan Multikultural di dalam pembelajaran Sosiologi yaitu kegiatan belajar mengajar di kelas. Di mana guru menyampaikan materi-materi yang berhubungan dengan keragaman-keragaman, kelompok sosial, masyarakat multikultural. 3) Implikasi Penanaman Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Kelas di SMAN 4 Kediri misalnya adanya jadwal berdoa di kelas. Itu yang menjadi buah atas karakter yang dibentuk. Implikasi dari penanaman karakter bisa kita lihat dengan adanya perubahan perilaku pada siswa. Siswa berperilaku sesuai norma-norma yang ada dan mematuhi peraturan-peraturan yang telah disepakati oleh pihak sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193110 SINTA AYUDEANA WAHYUDIN
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:53
Last Modified: 26 Mar 2024 01:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44473

Actions (login required)

View Item View Item