ALI MASRUQIN AL-MAHDI, 12209183109 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus di MTs Ar-Rosyidiyah Rejotangan Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (343kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (186kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan model pembelajaran kooperatif dalam pembentukan karakter siswa (Studi Kasus di MTs Ar-Rosyidiyah Rejotanagan, Tulungagung)” ini ditulis oleh Ali Masruqin Al-Mahdi, NIM . 12209183109, Dosen Pembimbing Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif, Pembentukan Karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam pembentukan karakter peserta didik, gencaran teknologi di era globalisasi yang kian membuat resah seolah menjajah karakter peserta didik secara halus, di tambah kurangnya pengawasan dari orang tua yang membuat kegiatan seorang anak menjadi tidak terkontrol, hal ini dapat menimbulkan tumbuhnya aspek perilaku negatif yang dapat merusak karakter peserta didik. Berbagai metode pembelajaran digunakan sebagai pendukung dalam pembentukan karakter tersebut. Salah satunya adalah metode pembelajaran kooperatif yang mampu mendorong peserta didik untuk menunjukkan diri dan melatih berbagai nilai kaakter positif. Dari penjelasan sekilas itu, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai peran guru ips dalam pembentukan karakter peserta didik melalui metode pembelajaran kooperatif. Fokus penelitian ini yaitu, (1) Peran guru IPS dalam merancang program pembelajaran ips sebagai sarana pembentukan karakter peserta didik. (2) Pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPS sebagai upaya meningkatkan pembentukan peserta didik, (3) Hambatan yang di hadapi oleh guru IPS dalam pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan begaimana peran guru ips sebagai sarana pembentukan karakter peserta didik melalui metode kooperatif guna menimbang beberapa faktor sebagai penghubung juga penghambat dari proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di MTS Ar-Rosyidiyah Sumberagung, Rejotangan, Tulungagung. Sasaran penelitian ini berfokus pada kelas VII B. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observaasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis miles dan huberman yakni, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwasanya peran guru ips dalam merancang model pembelajaran ips adalah sebagai korektor, inspirator, informator, organisator, motivator, inisiator, fasilitator, pembimbing, demonstator, mediator, dan superfisor.yang dalam penerapan di lapangan seorang guru ips di MTS ARRosyidiyah telah menerapkan model pembelajaran kooperatif yang mana sesuai dengan background sekolah yang berpegangan pada agama islam. Dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif MTS AR-Rosyidiyah telah berjalan aktif yang bisa di gunakan di tengah-tengah rencana pendidikan seorang pendidik. Untuk terkait hambatan antara lain adalah kurangnya buku dalam menunjang literasi peserta didik serta semangat peserta didik yang kadang menjadikan suasana kurang mendukung dalam penerapan model pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209183109 ALI MASRUQIN AL-MAHDI |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:05 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44524 |
Actions (login required)
View Item |