KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ALJABAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS DAARUL ULUUM MARGOMULYO BLITAR

LUTFIA RIZMANULIZZA ZAHRO MASULA, 12204193113 (2024) KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ALJABAR DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS DAARUL ULUUM MARGOMULYO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Daarul Uluum Margomulyo Blitar” ini ditulis oleh Lutfia Rizmanul Izza Zahro Masula, NIM 12204193113, pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci: Kesalahan, Aljabar, Hasil Belajar Siswa Dalam mengerjakan soal matematika terutama soal cerita aljabar, siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal tersebut. Kesulitan yang dialami oleh siswa dapat mengakibatkan kesalahan-kesalahan ketika mengerjakan soal. Kesalahan tersebut bisa menyebabkan hasil belajar siswa menjadi menurun. Oleh karena itu, kesalahan yang dihadapi oleh siswa dalam mengerjakan soal terutama dalam mengerjakan soal cerita aljabar harus ditangani dengan baik. Supaya kesulitan yang dialami oleh siswa segera bisa ditangani dan hasil belajar siswa tidak menurun. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan kesalahan siswa kemampuan matematika tinggi kelas VII MTs Daarul Uluum Margomulyo Blitar dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari hasil belajar siswa, (2) Mendeskripsikan kesalahan siswa kemampuan matematika sedang kelas VII MTs Daarul Uluum Margomulyo Blitar dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari hasil belajar siswa, (3) Mendeskripsikan kesalahan siswa kemampuan matematika rendah kelas VII MTs Daarul Uluum Margomulyo Blitar dalam menyelesaikan soal cerita aljabar ditinjau dari hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah 22 siswa kelas VII A MTs Daarul Uluum Margomulyo Blitar yang diberikan tes tulis. Siswa akan dikelompokkan menjadi 3 kelompok dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Kemudian diambil 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah untuk dilakukan wawancara guna mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita aljabar. Pengumpulan data diperoleh dari tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa yang memiliki kemampuan tinggi mengalami kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban, (2) Siswa yang memiliki kemampuan sedang mengalami kesalahan pada tahap membaca, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir, (3) Siswa yang memiliki kemampuan rendah mengalami kesalahan pada tahap membaca, memahami masalah, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193113 LUTFIA RIZMANUL IZZA ZAHRO MASULA
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:07
Last Modified: 26 Mar 2024 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44568

Actions (login required)

View Item View Item