PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDI AL -MUNAWWAR TULUNGAGUNG

DAULIKA FAJARWATI NURAIDA, 2817123034 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDI AL -MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperati Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDI Al-Munawwar Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Daulika Fajarwati Nuraida NIM : 2817123034 dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas V-A SDI Al-Munawwar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang masih kurang optimal, hal ini terbukti dari masih banyaknya peserta didik yang mendapatkan nilai kurang dari KKM yang telah ditentukan, yaitu 70. Peneliti ini berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar IPA, sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya pada peserta didik kelas V di SDI Al - Munawwar Tulungagung ? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar yang diperoleh peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya pada peserta didik kelas V di SDI Al – Munawwar Tulungagung? Adapun tujuan penelitian adalah (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya peserta didik kelas V SDI Al –Munawwar Tulungagung. (2) Meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Gaya peserta didik kelas V SDI Al – Munawwar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu sebanyak dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gaya. Pada tes awal (pre test) mencapai nilai rata-rata 51,92, dengan presentase ketuntasan belajar 19,23%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 65,38% dengan nilai rata-rata 68,15. Ketuntasan hasil belajar menunjukkan peningkatan kembali setelah dilakukan pada siklus II menjadi 88,46% dengan nilai rata-rata 78,69. Dengan demikian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas V-A SDI Al-Munawwar Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17505164014 DAULIKA FAJARWATI NUR AIDA
Date Deposited: 03 Jan 2017 07:13
Last Modified: 03 Jan 2017 07:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4462

Actions (login required)

View Item View Item