ANALISIS METODE BELAJAR RAINBOW KIDS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK (Studi Kasus LBB Rainbow Kids Kecamatan Ngunut Tulungagung)

AWANDA AULIA CAHYANI, 126310201027 (2024) ANALISIS METODE BELAJAR RAINBOW KIDS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK (Studi Kasus LBB Rainbow Kids Kecamatan Ngunut Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (680kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (652kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya sekolah dasar yang menginginkan siswanya telah mampu membaca. Membaca merupakan satu hal yang penting dalam proses pembelajaran, hal itu karena merupakan kemampuan awal yang dimiliki akan mempengaruhi prestasi selanjutnya. Namun realitanya anak TK tidak boleh diajarkan CALISTUNG (Baca Tulis Hitung). Tuntutan sekolah dasar dan tidak diperbolehkannya anak TK diajarkan calistung membuat kekhawatiran orang tua pada pendidikan anaknya. Dengan hal tersebut Lembaga Bimbingan Belajar Rainbow Kids hadir memberikan solusi sebagai wadah dalam memberikan bimbingan belajar membaca. Rainbow Kids menerapkan metode belajar membaca yang asyik dan menyenangkan dalam membimbing anak dalam kegiatan belajar membaca. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui : (1) Penerapan metode belajar Rainbow Kids dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dari penerapan metode belajar Rainbow Kids dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan melakukan penelitian di Lembaga Bimbingan Belajar Rainbow Kids Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Subjek penelitian terdiri dari guru sekaligus pemilik lembaga dan para guru. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari penelitian yang telah dilakukan, menemukan hasil penelitian yang mengungkapkan dua temuan yaitu: (1) Metode belajar Rainbow Kids Sistem pembelajaran yang menggunakan pendekatan personal pada anak, happy and full learning system, mengembangkan kognitif anak, smart learning system, metode membaca tanpa mengeja, mengembangkan kognitif anak. (2) Adapun faktor pendukung yang dihadapi adalah yayasan, guru, media belajar, penerapan metode, dan Sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat adalah keadaan anak, campur tangan orang tua, dan waktu. Kata kunci: Metode Belajar, Calistung, Rainbow Kids.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310201027 AWANDA AULIA CAHYANI
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:22
Last Modified: 02 Apr 2024 06:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44655

Actions (login required)

View Item View Item