MOH. ARDHAN NABAWI, 2811123148 (2017) PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
cover.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1 FIX.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 FIX.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
Bab 3 FIX.pdf Download (131kB) |
||
|
Text
bab 4 FIX.pdf Download (207kB) | Preview |
|
Text
BAB 5 FIX.pdf Download (183kB) |
||
|
Text
BAB 6 FIX.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK SORE Tulungagung” ini ditulis oleh Moh. Ardhan Nabawi NIM: 2811123148 dibimbing oleh Bapak Dr. H. Munardji, M.Ag. Kata Kunci: Media Power Point, Pendidikan Agama Islam Latar belakang masalah: proses belajar mengajar atau proses pembelajaran merupakan salah satu kegiatan pelaksanaan kurikulum di dalam suatu lembaga pendidikan. Agar mengenai sasaran tujuan siswa untuk mencapai pendidikan yang telah ditetapkan maka terdapat beberapa metode atau teknik.untuk pencapaian tujuan diperlukan metode atau media pembelajaran yang menarik. Dengan media yang dirancang semenarik mungkin akan dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, Seperti halnya media pembelajaran power point. Dalam media ini membutuhkan keahlian khusus dalam penggunaannya agar dapat mendesain pesan dengan baik, sehingga tampilannya dapat menumbuhkan minat belajar siswa dan siswa dapat belajar dengan mudah. Mengingat pentingnya pembelajaran PAI maka peneliti mendapatkan dorongan untuk melakukan penelitian guna mengetahui perkembangan pembelajaran PAI dengan pemanfaatan media power point. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan penggunaan media power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK SORE Tulungagung?. (2) Bagaimana pelaksanaan media power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK SORE Tulungagung?. (3) Bagaimana evaluasi penggunaan media power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK SORE Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan penggunaan media power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK SORE Tulungagung. (2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan penggunaan media power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK SORE Tulungagung. (3) Untuk mendiskripsikan evaluasi penggunaan media power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK SORE Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini memperoleh data dari tiga sumber, yaitu observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti lakukan dengan pengumpulan data, kemudian reduksi data, lalu penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan penggunaan media power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK SORE Tulungagung: a. guru mempelajari silabus, membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan menyiapkan materi yang akan disampaikan, b. guru dapat memilih media yang tepat untuk digunakan pembelajaran khususnya media pembelajaran Pendidikan Agama Islam, c. sebelum penggunaan media power point guru dapat mengenal karakteristik siswa, d. guru perlu mengetahui karakteristik dari media power point. (2) Pelaksanaan penggunaan media power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK SORE Tulungagung: a. Guru Pendidikan Agama Islam menggunakan media power point sebagai sarana penunjang pembelajaran Pendidikan Agama Islam, b. guru mempunyai peranan dalam pembelajaran diantaranya pengelolaan kelas, baik kondisi siswa maupun ruangan yang akan digunakan. c. respon siswa sangat senang setelah media power point digunakan pada pembelajaran, (3) Evaluasi penggunaan media power point dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK SORE Tulungagung: dalam mengevaluasi media power point ini cukup sederhana diantaranya mengumpulkan data-data tentang aktivitas atau memberi pertanyaan kepada siswa bisa individu atau kelompok dan melihat efisiensi waktu penggunaan media yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran yang telah di tetapkan dalam program pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123148 MOH. ARDHAN NABAWI |
Date Deposited: | 03 Jan 2017 07:14 |
Last Modified: | 03 Jan 2017 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4466 |
Actions (login required)
View Item |