STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA PANTAI GEMAH DESA KEBOIRENG KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG

ABDUL ROUF, 17402163035 and JUSUF BACHTIAR, SS. M.Pd, 197106162007101001 (2023) STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK SADAR WISATA (POKDARWIS) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA PANTAI GEMAH DESA KEBOIRENG KECAMATAN BESUKI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Skripsi “ Strategi Pemasaran Kelompok Sadar Wisata (PORDARWIS) dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Pantai Gemah Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung” ini diteliti dan disusun oleh Abdul Rouf, NIM. 17402163035, Pembimbing Jusuf Bachtiar, S.S., M. Pd. Sektor pariwisata Pantai Gemah merupakan salah satu sumber pendapatan yang dimiliki oleh masyarakat Desa Keboireng. Besarnya potensi dan kekayaan yang dimiliki tentu harus diimbangi dengan strategi pemasaran yang mumpuni agar dapat memberikan dampak bagi kenaikan pendapatan usaha wisata Pantai Gemah. penting bagi Pokdarwis untuk membuat rumusan strategi pemasaran yang tepat serta mengimplementasikan agar proses pengembangan wisata Pantai Gemah dapat berjalan efektif dan efisien. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan analisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pokdarwis, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran di wisata Pantai Gemah dalam upaya meningkatkan pendapatan usaha wisata Pantai Gemah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh pokdarwis Lejar Misuwur dalam meningkatkan usaha wisata Pantai Gemah meliputi pragmatism and product, pertinence and promotion, palliation and price, patience and place, peer support and people, pedagogy and physical environment, persistent and process. Pokdarwis juga telah memadukan strategi pemasarannya dengan unsur pemasaran syariah seperti tolong menolong, kebermanfaatan, kehalalan, kejujuran, dan tanggung jawab. Kendala strategi pemasaran yang dihadapi oleh pokdarwis antara lain kondisi alam dan cuaca, kurangnya keterlibatan pemuda dalam promosi digital, ketersediaan sarana prasarana dan fasilitas umum bagi wisatawan, kondisi petugas pantai yang masih memerlukan pembinaan. Beberapa solusi yang dilakukan pokdarwis dalam mengatsi kendala tersebut adalah menjalin kerjasama dengan pemuda sekitar melalui komunitas, memberikan pengarahan bagi petugas pantai, memprioritaskan pembangunan fasilitas umum dan sarana prasarana bagi wisatawan. Kata kunci: strategi pemasaran, pendapatan, wisata pantai gemah, pokdarwis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163035 ABDUL ROUF
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:05
Last Modified: 09 Sep 2025 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44673

Actions (login required)

View Item View Item