EFEKTIVITAS PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL

RIZKY NUR AZIZAH, 12306193049 (2023) EFEKTIVITAS PENDEKATAN BEHAVIORAL TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (666kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Pendekatan Behavioral Teknik Self Management untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home di SMPN 2 Sumbergempol” ini ditulis oleh Rizky Nur Azizah (12306193949) Kata Kunci: Teknik Self Management, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataannya masih banyak masalah mengenai rendahnya motivasi belajar siswa broken home. Sehingga perlu penerapan teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar tingkat motivasi belajar siswa korban broken home di SMPN 2 Sumbergempol. Untuk mengetahui hasil efektif dari pelaksanaan layanan konseling dengan pendekatan behavioral teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar siswa korban broken home di SMPN 2 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pre-eksperiment dengan desain one group design pretest-posttest. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 39 siswa sebagai populasi dan 8 siswa sebagai sampel dalam penelitian. Dalam menentukan sampel menggunakan metode purposif samping dengan tiga kategori yakni motivasi belajar rendah, sedang, dan tinggi. Peneliti uji T untuk mengetahui perubahan hasil pretest dan posttest, dan menggunakan uji N-Gain Score untuk mengetahui efektivan layanan yang diberikan. Hasil posttest mendapatkan nilai sebesar 8,850 > 1,943, sehingga dapat dikatakan mengalami peningkatan. Serta dari hasil kefektivan mendapat skor 0,63, sehingga didapatkan hasil 0,3 < 0,63 < 0,7, yang berarti sedang atau cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling dengan pendekatan behavioral teknik self management cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa broken home di SMPN 2 Sumbergempol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193049 RIZKY NUR AZIZAH
Date Deposited: 18 Apr 2024 08:44
Last Modified: 18 Apr 2024 08:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44686

Actions (login required)

View Item View Item