PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ALFITO CHOIRIAWAN, 12306193107 (2024) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Muhammad Alfito Choiriawam, NIM 12306193107. “Pengaruh Game Online Terhadap Kesehatan Mental Siswa Di SMA Negeri 1 Tulungagung”. Skripsi, Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Kata Kunci : Game Online, Kesehatan Mental Game online merupakan permainan yang digermari anak zaman sekarang yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan internet yang biasanya untuk mengurangi stress ketika jenuh. bermain game online secara terus menerus menimbulkan rasa kecanduan dan berdampak buruk bagi siswa salah satunya kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kecanduan game online, mengetahui tingkat kesehatan mental, pengaruh game online terhadap kesehatan mental siswa SMA Negeri 1 Tulungagung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis kausalitas. Adapun sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tulungaung berjumlah 96 dengan pouplasi berjumlah 96. Hasil menunjukkan bahwa tingkat kecanduan game online berada kategorisasi tinggi dengan persentase 83%. Tingkat kesehatan mental pada kategorisasi sedang dengan persentase 79%. Pada uji hipotesis (Uji T), diperoleh nilai sig. 0,000 Dengan adanya hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh kecanduan game online terhadap kesehatan mental siswa SMA Negeri 1 Tulungagung. Kemudian pada hasil uji koefisien determinan (r²) diperoleh nilai adjusted R Square adalah sebesar 0.534 atau sama dengan 53.4% . Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh bahwa ada pengaruh variabel (X) game online terhadap variabel (Y) keesehatan mental sebesar 53,4% dan selebihnya yang 44,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 12306193107 MUHAMMAD ALFITO CHOIRIAWAN
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:50
Last Modified: 23 Apr 2024 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44732

Actions (login required)

View Item View Item