PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MATERI GARIS DAN SUDUT MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

NA’IMATUT DUCHALIA, 2814123120 (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MATERI GARIS DAN SUDUT MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Na’imatut Duchalia, 2814123120, 2016, “Perbedaan Model Pembelajaran Take And Give dengan STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Materi Garis dan Sudut di MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/ 2016”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Take And Give, STAD, Hasil Belajar, Garis dan Sudut. Matematika merupakan ilmu yang penting untuk kehidupan sehari hari. Akan tetapi sebagian besar siswa cenderung malas untuk mempelajari ilmu matematika. Bahkan tidak jarang mereka beranggapan bahwasanya matematika merupakan sesuatu yang menakutkan. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan terhadap siswa agar mereka menyenangi ilmu matematika. Salah satu materi yang dianggap sulit oleh beberapa siswa adalah menentukan besarnya sudut diantara garis. Pemberian model pembelajaran kooperatif tipe take and give dan STAD merupakan upaya untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah mengerjakan soal-soal materi garis dan sudut. Dengan pemberian dua model pembelajaran tersebut diharapkan dapat memecahkan masalah mengenai permasalahan materi garis dan sudut. Selain itu juga dapat mengetahui adakah perbedaan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkannya dua model pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan model pembelajaran take and give dengan STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi garis dan sudut MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. 2) untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe take and give dan STAD materi garis dan sudut di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung tahun ajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Uji yang digunakan dalam analisis data adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan model pembelajaran take and give dengan STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII materi garis dan sudut di MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung tahun ajaran 2015/ 2016. Hal ini terbukti dari perhitungan data diperoleh t_hitung=2,87125≥t_tabel=1,699 dengan menggunakan taraf signifikan á=0,05. Selain itu dari penelitian ini diperoleh hasil penelitian bahwasanya hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Assyafi’iyah Gondang Tulungagung dengan materi garis dan sudut meningkat meskipun peningkatan masih dalam taraf rendah yakni 4,7 % tingkat pengaruhnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123120 NA’IMATUT DUCHALIA
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:42
Last Modified: 04 Jan 2017 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4478

Actions (login required)

View Item View Item