PENGARUH AKUN INSTAGRAM @kulinertulungagung TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KULINER FOLLOWERS

RISKA RIFFATUL QUSNA, 126310202043 (2024) PENGARUH AKUN INSTAGRAM @kulinertulungagung TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KULINER FOLLOWERS. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (694kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Dampak perkembangan teknologi saat ini adalah munculnya media sosial sebagai media penyebaran informasi. Media sosial instagram merupakan salah satu media sosial yang digemari masyarakat karena memberikan kemudahan sebagai media penyebaran informasi, salah satunya di bidang kuliner. Akun instagram @kulinertulungagung merupakan salah satu media pemenuhan kebutuhan informasi kuliner di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh akun instagram @kulinertulungagung terhadap pemenuhan kebutuhan informasi kuliner followers dan jenis kuliner yang paling banyak dicari oleh followers. Penelitian ini menggunakan teori media sosial 7C yang dikemukakan oleh Chris Heuer dan Brian solis, teori kebutuhan informasi Guha, dan teori syarat wisata kuliner yang dikemukakan Karim dkk. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dan pendekatan kuantitatif dengan melakukan observasi, penyebaran kuisioner, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan followers akun @kulinertulunggung dengan teknik Simple Random Sampling yaitu pemilihan sampel secara acak. Data diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada responden. Uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan uji validitas dan uji normalitas terhadap 22 butir pernyataan dengan hasil valid dan reliabel. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan melakukan uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, dan uji hipotesis. Penelitian ini menggunakan tenik analisis uji regresi linier sederhana untuk menguji hipotesis penelitian dengan melakukan uji statistik F uji koefisien determinasi, dan uji t. Hasil perhitungan Rsquare 0,790 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berhubungan antara variabel X (Penggunaan media sosial instagram) dan variabel Y (Pemenuhan kebutuhan informasi kuliner) sebesar 79 % dan 21 % sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh akun instagram @kulinertulunggagung terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers adalah baik. Selain itu, berdasarkan data kuisioner tanggapan terhadap pertanyaan jenis kuliner yang paling banyak dicari menunjukkan 60 % responden memilih kuliner “Menu Utama” dengan mayoritas pilihan berupa seblak dan aneka kuliner pedas. Kata kunci: Instagram,kebutuhan informasi,kuliner

Item Type: Skripsi
Subjects: Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310202043 RISKA RIFFATUL QUSNA
Date Deposited: 04 Apr 2024 04:13
Last Modified: 04 Apr 2024 04:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44807

Actions (login required)

View Item View Item