PENGARUH GERAK DAN LAGU TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA 2 NGEPEH

ANGGA DIMENTHARI, 12206193048 (2024) PENGARUH GERAK DAN LAGU TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA 2 NGEPEH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)

Abstract

Angga Dimenthari, 12206193048, 2023, Pengaruh Gerak Dan Lagu Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi: Dr. Susanto, M. Or Kata Kunci: Kecerdasan Kinestetik, Anak Usia Dini, Gerak dan Lagu Kecerdasan kinestetik pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 2 Ngepeh masih kurang berkembang dan belum optimal, hal ini dapat dilihat dari keraguan anak untuk melakukan aktivitas baik di dalam maupun di luar kelas, anak tergolong pasif, acuh dan cuek dengan lingkungan di sekitarnya. Maka dari itu peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu seberapa besar pengaruh gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gerak dan lagu terhhadap kecerdasan kinestetikanak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, skala pencapian perkembangan anak untuk mengetahui kecerdasan kinestetik anak, dan dokumentasi digunakan untuk mencari informasi data tentang populasi, sampel, sarana prasarana, dan dokumen yang ada di lembaga. Analisis data dimulai dari penelitian, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data peneliti menggunakan uji prasyarat analisis uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah pertama gerak dan lagu anak sangat mempengaruhi kecerdasan kinestetik pada anak usia 5-6 tahun, hal ini dibuktikan dengan pengaruh yang signifikan dari penerapan gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun dengan hasil signifikasi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 atau dapat dilihat dengan perhitungan thitung > ttabel. Hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis diterima yaitu ada perbedaan penerapan gerak dan lagu anak pada kelas ekperimen dan kontrol. Hal itu juga didukung oleh nilai mean kelas eksperimen sebesar 49,55 lebih besar daripada mean kelas kontrol sebesar 32,40. Hasil effect size (cohen’s) yaitu 1,058 yang dalam tabel interpretasi nilai cohen’s standard 86 , maka akhirnya dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh penerapan gerak dan lagu anak terhadap kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 2 Ngepeh yakni sebesar 84% yang tergolong tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dari penerapan gerak dan lagu terhadap kecerdasan kinestetik anak uia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita 2 Ngepeh

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193048 ANGGA DIMENTHARI
Date Deposited: 05 Apr 2024 08:00
Last Modified: 05 Apr 2024 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44810

Actions (login required)

View Item View Item