PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 GARUM

RIZKI AYU FABELIANA, 12204193001 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 2 GARUM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Pendekatan Example Non Example terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Garum ” ini ditulis oleh Rizki Ayu Fabeliana, NIM. 12204193001, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Universitas Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Pendekatan Example Non Example, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa serta motivasi siswa yang menurun dikarenakan model pembelajaran masih konvensional. Salah satu alternatif model pembelajaran yang cocok untuk digunakan adalah model pembelajaran numbered head together (NHT) dengan pendekatan example non example. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar karena proses pembelajaran yang interaktif serta menyenangkan siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk, 1) Mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Garum, 2) Mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis Example Non Example terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Garum, dan 3) Mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis example non example terhadap hasil belajar matematika siswa dan motivasi siswa kelas VIII SMPN 2 Garum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Exsperiment dengan desain The Non Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Garum sejumlah 149 siswa. Sampel yang diambil Adalah kelas VIII A sejumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII B sejumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Garum Blitar, 2) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis Example Non Example terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Garum Blitar, dan 3) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis Example Non Example terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Garum Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193001 RIZKI AYU FABELIANA
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:27
Last Modified: 05 Apr 2024 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44816

Actions (login required)

View Item View Item