PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

HANI’ MASFUFAH, 2814123085 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (936kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Hani’ Masfufah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MA Al Ma’arif Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika. Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulungagung, Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Numbered Heads Together, Motivasi, Hasil Belajar Kondisi belajar yang diciptakan guru serta anggapan bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit akan berpengaruh buruk terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka perlu diterapkan suatu sistem pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif dalam kegiatan belajar mengajar, guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan peran siswa secara aktif adalah pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran tipe NHT terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X MA Al-Ma’arif Tulungagung. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Al-Ma’arif Tulungagung. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran tipe NHT terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X MA Al-Ma’arif Tulungagung. 4) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran tipe NHT terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X MA Al-Ma’arif Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitan ini adalah Quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MA Al Ma’arif Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan sampelnya adalah kelas X-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah 40 siswa. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Dokumentasi; 2) Tes; dan 3) Angket. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur motivasi dan tes berupa posttest untuk mengukur hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X MA Al Ma’arif Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung= 2,189, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2.021. karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MA Al Ma’arif Tulungagung. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung= 2.725, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,021. karena t hitung > ttabel maka Ho ditolak. 3) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap motivasi belajar adalah 73%. 4) Besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar sebesar 91%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123085 HANI’ MASFUFAH
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:22
Last Modified: 04 Jan 2017 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4482

Actions (login required)

View Item View Item