STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK DI MTs PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG

FARIDATUS SILVIA, 12201173148 (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIFITAS PESERTA DIDIK DI MTs PSM JELI KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)

Abstract

Kata Kunci: strategi guru akidah akhlak, mengembangkan kreatifitas peserta didik Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengembangan ilmu pengetahuan yang pesat dan telah membawa perubahan bagi kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Sehingga guru dalam pengajarannya harus dapat mengembangkan kreatifitas siswa yang merupakan bagian dari kehidupan peserta didik seperti dalam menggunakan metode, media,dan sumber pembelajaran sebagai jalan untuk memberi atau menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya. Semakin guru kreatif dalam mengembangkan metode, media dan sumber dalam pembelajaran, maka akan lebih baik pula daya serap siswa terhadap materi pelajaran, sehingga dapat mengembangkan kreatifitas siswa dalam proses belajar mengajar di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam menggunakan metode pembelajaran untuk mengembangkan kreatifitas peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam menggunakan media pembelajaran untuk mengembangkan kreatifitas peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam menggunakan sumber pembelajaran untuk mengembangkan kreatifitas peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung. Kehadiran peneliti sangat di perlukan karena merupakan instrument utama. Sumber data terdiri dari orang, tempat, dan kertas. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung ke lokasi penelitian untuk mendapatkan data secara nyata dan menguatkan. Sedangkan metode wawancara dan dokumentasi digunakan untuk menggali informasi yang terkait dengan upaya guru akidah akhlak dalam pengembangan kreatifitas siswa pada proses pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah PSM Jeli Karangrejo Tulungagung . Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, triangulasi, dan pemerikasaan teman sejawat. Dan tahap-tahap penelitiannya yaitu, pra lapangan, kegiatan lapangan dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi guru Akidah Akhlak dalam menggunakan metode pembelajaran untuk mengembangkan kreatifitas peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung adalah dengan menerapkan variasi metode dalam mengajar yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode resitasi, metode kisah dan metode drill. dengan menggunakan kombinasi beberapa metode, pembelajaran akan lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan materi sehingga dapat meningkatkan kualitas suatu pembelajaran. 2) Strategi guru Akidah Akhlak dalam menggunakan media pembelajaran untuk mengembangkan kreatifitas peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang variatif antara lain media visual berupa gambar yang sesuai dengan materi, peta konsep yang ditulis di papan tulis dan lain sebagainya dan media audiovisual berupa video, dan film sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa. media pembelajaran juga dapat meningkatkan ketertarikan dan minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga berdampak pada meningkatnya kualitas suatu pembelajaran. 3) Strategi guru Akidah Akhlak dalam menggunakan sumber pembelajaran untuk mengembangkan kreatifitas peserta didik di MTs PSM Jeli Karangrejo Tulungagung adalah dengan menggunakan sumber bervariasi. Sumber belajar didalam sekolah meliputi LKS, buku paket, buku perpustakaan dan juga Al-Qur’an dan sumber belajar yang diluar sekolah meliputi mushola dan alam sekitar. Hal ini bertujuan agar siswa dapat memahami materi secara baik dan jelas, serta menambah wawasan ilmu mereka sehingga berdampak pada meningkatnya kualitas suatu pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173148 FARIDATUS SILVIA
Date Deposited: 23 Apr 2024 04:29
Last Modified: 23 Apr 2024 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44830

Actions (login required)

View Item View Item