ERWAN TRI SUSANTO, 2817123057 (2017) PENERAPAN METODE MIND MAP (PETA KONSEP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK KELAS III B MIN PUCUNG NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
awalan.pdf Download (816kB) |
|
Text
bab 1.pdf Download (238kB) |
|
Text
bab 2.pdf Download (322kB) |
|
Text
bab 3.pdf Download (428kB) |
|
Text
bab 4.pdf Download (545kB) |
|
Text
bab 5.pdf Download (136kB) |
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (290kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Mind Map (Peta Konsep) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas III B MIN Pucung Ngantru Tulungagung ” Ditulis oleh Erwan Tri Susanto, NIM. 2817123057, Dibimbing oleh: Dr. Susanto, M.Pd. Kata Kunci: Metode Mind Map (Peta Konsep), Bahasa Inggris,Kosa Kata, Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Penelitian dalam skripsi ini karena adanya problematika yang dihadapi dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah peserta didik lemah dalam penguasaan dan pemahaman terhadap materi yang diajarkan oleh guru, khususnya Bahasa Inggris. Karena peserta didik menganggap mata pelajaran Bahasa Inggris membingungkan dan sukar diingat. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode pembelajaran tepat dan efektif, metode Mind map (peta konsep) yang dapat meningkatakan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi Things In The Bedroom pada peserta didik kelas III B di MIN Pucung Ngantru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penguasaan kosa kata Bahasa Inggris peserta didik kelas III B MIN Pucung Ngantru Tulungagung dapat ditingkatkan melalui metode mind map (peta konsep)? (2) Bagaimana hasil belajar penguasaan kosa kata Bahasa Inggris peserta didik kelas III B MIN Pucung Ngantru Tulungagung melalui penerapan metode mind map (peta konsep)? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris peserta didik kelas III B MIN Pucung Ngantru Tulungagung yang ditingkatkan melalui metode mind map (peta konsep). (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar penguasaan kosa kata Bahasa Inggris peserta didik kelas III B MIN Pucung Ngantru Tulungagung melalui penerapan metode mind map (peta konsep). Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Ibtidaiyah, sebagai salah satu model referensi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut, bagi para Guru Madrasah Ibtidaiyah sebagai masukan pertimbangan model yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar,bagi perpustakaan IAIN Tulungagung, pembaca /peneliti lain sebagai referensi bagi pembaca dan sebagai bahan acuan untuk mengadakan penelitian serupa lanjutan Terdapat empat langkah yang harus dilakukan proses pembelajaran berbasis Mind Mapping, yaitu: (1) Overview: Tinjauan Menyeluruh terhadap suatu topik pada saat proses pembelajaran baru dimulai, (2) Preview: Tinjauan Awal merupakan lanjutan dari Overview sehingga gambaran umum yang diberikan setingkat lebih detail daripada Overview, (3) Inview: Tinjauan Mendalam yang merupakan inti dari suatu proses pembelajaran, di mana suatu topik akan dibahas secara detail, terperinci dan mendalam, (4) Review: Tinjauan Ulang dilakukan menjelang berakhirnya jam pelajaran dan berupa ringkasan dari bahan yang telah diajarkan serta ditekankan pada informasi, konsep atau rumus penting yang harus diingat atau dikuasai oleh peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. Sumber data dari penelitian ini adalah peserta didik kelas III B MIN Pucung. Analisa data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 69,2 (55%) dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 76,4 (80%). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Mind map (peta konsep) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris materi Things In The Bedroom pada kelas III B MIN Pucung Ngantru Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123057 ERWAN TRI SUSANTO |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 04:33 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 04:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4491 |
Actions (login required)
View Item |