Pengaruh Metode Question Student Have (QSH) Tehadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA MA Darul Huda Wonodadi Tahun Pelajaran 2015/2016

Eni Yuliana Dewi, 2814123073 (2017) Pengaruh Metode Question Student Have (QSH) Tehadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA MA Darul Huda Wonodadi Tahun Pelajaran 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Metode Question Students Have (QSH) adalah salah satu tipe instruksional dari belajar aktif (active learning) yaitu segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan peserta didik berperan secara aktif dalam proses pembelajaran, baik dalam bentuk interaksi antar peserta didik ataupun peserta didik dengan guru dalam proses pembelajaran. Untuk mendapatkan partisipasi peserta didik melalui tulisan. Hal ini sangat baik digunakan pada peserta didik yang kurang berani mengungkapkan pertanyaan, keinginan dan harapan-harapan melalui percakapan. Strategi pembelajaran ini dapat memotivasi peserta didik untuk dapat menggali kemampuan dengan mengonstruksi konsep pembelajaran dengan belajar membuat pertanyaan dari apa yang dipelajarinya. Guru memfasilitasi pengetahuan agar peserta didik secara individual atau diskusi mempelajari konsep, kemudian peserta didik membuat pertannyaan yang tidak dimengerti dan menganalisis pertanyaan tersebut dari tingkat kepentingan atau tingkat kesulitan untuk dibahas dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Apakah ada pengaruh metode Question Student Have (QSH) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA MA Darul Huda Wonodadi tahun pelajaran 2015/2016? (2) Seberapa besarkahkah pengaruh metode Question Student Have (QSH) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA MA Darul Huda Wonodadi tahun pelajaran 2015/2016? Adapun tujuan dalam penelitian ini (1) Untuk mengetahui pengaruh metode Question Student Have (QSH) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA MA Darul Huda Wonodadi tahun pelajaran 2015/2016 (2) untuk mengetahui besarnya pengaruh metode Question Student Have (QSH) terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA MA Darul Huda Wonodadi tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sample dan sampelnya berasal dari kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Dalam penelitian ini juga digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama siswa, data nilai ulangan harian siswa, hasil pekerjaan siswa selama pembelajaran, dan foto pelaksanaan selama penelitian. Metode observasi digunakan untuk mengamati selama proses pembelajaran berlangsung, dan keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Hasil dari pengujian Independent Sample T-test diperoleh (1) Nilai thitung = 1,943 sedangkan ttabel = 1,682 dengan taraf signifikansi 5%. Sehingga thitung > ttabel, maka ada perbedaan antara kelas eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran Question Student Have (QSH) dengan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen > rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol, yaitu 80,3 > 71,14. Jadi kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga kesimpulannya adalah ada pengaruh Metode Question Student Have (QSH) Tehadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA MA Darul Huda Wonodadi Tahun Pelajaran 2015/2016. (2) Sedangkan dari hasil analisis diperoleh besarnya pengaruh adalah 12,88% yaitu berinterpretasi rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: aurelia 2814123073 Eni Yuliana Dewi
Date Deposited: 06 Feb 2017 02:12
Last Modified: 06 Feb 2017 02:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4501

Actions (login required)

View Item View Item