PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS LITERASI NUMERASI DENGAN NILAI–NILAI ISLAM MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL AKM SISWA SMP MAMBA`UL HISAN DAN SMPI ANHARUL ULUM BLITAR

HANDAYANI, 12851221011 (2024) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS LITERASI NUMERASI DENGAN NILAI–NILAI ISLAM MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL AKM SISWA SMP MAMBA`UL HISAN DAN SMPI ANHARUL ULUM BLITAR. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (608kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Literasi Numerasi dengan Nilai-nilai Islam Materi Statistika untuk Meningkatkan Hasil AKM Siswa SMP Mamba`ul Hisan dan SMPI Anharul Ulum Blitar” ini ditulis oleh Handayani, NIM 12851221011 dengan pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes.,Ph.D., dan Pembimbing 2 Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : literasi numerasi, nilai-nilai islam Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh suatu temuan yang mendasar terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Sering ditemukan siswa mengalami kesulitan mengerjakan soal berbasis literasi numerasi. Hal tersebut dikarenakan kurang tersedianya modul matematika yang melatih siswa meningkatkan literasi numerasi. pentingnya mengembangkan kemampuan literasi numerasi ini juga berkaitan dengan kebijakan AKM dalam era implementasi kurikulum merdeka disetiap satuan pendidikan. Sehingga perlu adanya modul yang memfasilitasi siswa untuk meningkatkan hasil AKM siswa dan memuat nilai-nilai islam khususnya di boarding school. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui 1) proses pengembangan modul matematika berbasis literasi numerasi dengan nilai–nilai islam materi statistik untuk meningkatkan hasil AKM siswa. 2) pengembangan modul berbasis literasi numerasi dengan nilai-nilai islam materi statistika yang valid. 3) pengembangan modul berbasis literasi numerasi dengan nilai-nilai islam materi statistika yang praktis 4) pengembangan modul berbasis literasi numerasi dengan nilai-nilai islam materi statistika yang efektif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Mamba`ul Hisan dan SMP Anharul Ulum. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan model pengembangan Borg and Gall. Data yang digunakan adalah data validasi, observasi, angket respon dan tes akhir. Teknis analisis data pada penelitian dan pengembangan ini yaitu; (1) kevalidan modul yang dikembangkan diukur dari penilaian ahli materi dan ahli media; (2) kepraktisan modul yang dikembangkan diukur dari penilaian observasi pembelajaran, angket dan respon guru; (3) sedangkan keefektifan modul yang dikembangkan diukur dengan angket respon siswa dan uji-t. Hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan diketahui bahwa (1) Telah dihasilkan produk berupa modul matematika berbasis literasi numerasi dengan nilai-nilai islam dengan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan hasil AKM siswa melalui model penelitian dan pengembangan Borg And Gall. (2) Proses validasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa modul dikatakan valid, dengan persentase 91,06 %,dari ahli media dan 83,42 % dari ahli materi.(3) Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran dengan modul ini berjalan dengan lancar dan kondusif sedangkan persentase kepraktisan modul mencapai 91,41 % dari ahli praktisi di lapangan. (4) Berdasarkan hasil angket respon siswa modul mendapat skor rata-rata 3.34 dengan kategori sangat efektif, sedangkan berdasarkan uji t mendapatkan nilai signifikansi 0,000<0,05 dengan nilai effect size 68,9872 % dan 82,7629 % berdasarkan kriteria yang ada dapat disimpulkan bahwa modul ini efektif untuk meningkatkan hasil AKM siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Matematika
Pendidikan
Matematika > Statistika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 12851221011 HANDAYANI
Date Deposited: 29 Apr 2024 05:20
Last Modified: 29 Apr 2024 05:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45028

Actions (login required)

View Item View Item