PERILAKU KONSUMEN PROMO TEBUS MURAH ALFAMART DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo)

WINDA ALIFIA FARHANI, 12101183025 (2024) PERILAKU KONSUMEN PROMO TEBUS MURAH ALFAMART DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo). [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (607kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)

Abstract

Winda Alifia Farhani, 12101183025 Perilaku Konsumen Promo Tebus Murah Alfamart Ditinjau Dari Hukum Islam, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023 Pembimbing : Dr. Nur Fadhilah, S.H.I., M.H. Kata Kunci : hukum Islam, perilaku konsumen, promo tebus murah Penelitian ini dilatarbelakangi perilaku konsumen yang seringkali tergiur dengan promo tebus murah Alfamart. Ketertarikan konsumen mendorong tindakan untuk menambah nominal belanja sehingga bisa mendapatkan produk promo. Perilaku konsumen promo tebus murah adalah isu yang menarik untuk dikaji menggunakan hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perilaku konsumen promo tebus murah Alfamart Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo? 2) Bagaimana perilaku konsumen promo tebus murah Alfamart Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo dalam perspektif hukum Islam? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku konsumen tebus murah Alfamart Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo dapat dikemukakan dalam lima tahapan, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan tingkah laku pasca pembelian. Pengenalan kebutuhan ditunjukkan dengan ketertarikan konsumen terhadap promo tebus murah yang terdapat di Alfamart Rejeni. Dalam hal pencarian informasi, konsumen mendapatkan informasi dari brosur yang disebar oleh karyawan Alfamart atau ditawari oleh petugas kasir. Konsumen selanjutnya melakukan evaluasi alternatif dengan mempertimbangkan apakah akan mengambil promo tebus murah dan menentukan produk yang menjadi pilihan. Keputusan pembelian mendorong konsumen untuk menambah nominal belanja agar bisa memenuhi ketentuan promo tebus murah. Tingkah laku pasca pembelian ditunjukkan konsumen dengan anggapan mereka bahwa jika belanja tanpa menggunakan promo tebus murah, maka konsumen akan membayar lebih mahal. Meskipun konsekuensinya, konsumen harus menyesuaikan nominal belanja untuk mencapai target promo tebus murah. 2) Dalam perspektif hukum Islam, perilaku konsumen promo tebus murah Alfamart telah memenuhi 4 prinsip yaitu: keadilan, kebersihan, kemurahan hati, dan moralitas. Namun, perilaku konsumen tidak memenuhi prinsip kesederhanaan, karena konsumen yang tergiur produk-produk tebus murah, menambahkan nominal belanjanya agar mencapai ketentuan untuk bisa mengikuti program promo. Hal ini adalah salah satu bentuk pemborosan yang tidak selaras dengan prinsip kesederhanaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183025 WINDA ALIFIA FARHANI
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:51
Last Modified: 23 Apr 2024 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45031

Actions (login required)

View Item View Item