HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANGTUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD WILAYAH SELATAN KECAMATAN BESUKI

VIANDA YUSTIA EKADAYA, 12850521029 (2024) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANGTUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH DENGAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD WILAYAH SELATAN KECAMATAN BESUKI. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (681kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dan Lingkungan Belajar Sekolah Dengan Kepercayaan Diri Dan Kedisiplinan Siswa Kelas V di SD Wilayah Selatan Kecamatan Besuki” ini ditulis oleh Vianda Yustia Ekadaya, NIM. 12850521029 dengan promotor Prof. Ahmad Tanzeh M.Pd dan Dr. Adi Wijayamto, M.Pd Kata Kunci : Pola Asuh Orangtua, Lingkungan Belajar Sekolah, Kepercayaan Diri, Kedisiplinan Penelitian ini dilatar belakangi oleh perbedaan antara pola pengasuhan yang diberikan oleh orangtua pada setiap anak pasti akan berbeda antara satu dengan yang lain dan di lingkungan tempat mereka belajar juga pasti berbeda antara sekolah satu dengan sekolah lain. Peneliti ingin mengetahui apakah perbedaan tersebut akan berhubungan dengan tingkat kepercayaan diri dan kedisiplinan yang dimiliki oleh anak. Karena pola pengasuhan yang sudah diaplikasikan oleh orang tua untuk anak, apabila kurang tepat maka dapat membentuk sikap yang seharusnya tidak ada didalam diri anak, misalnya anak akan mempunyai sifat yang keras kepala, manja, pemalas, pembohong, pembangkang, serta rendahnya kepercayaan diri anak. Sebagai lanjutan dari pola asuh orang tua adalah Pendidikan dalam lingkungan sekolah. Sering kita dengar bahwa sekolah merupakan lingkungan kedua setelah keluarga. Prestasi belajar di sekolah tidak hanya dipengaruhi oleh bagaimana anak-anak giat belajar tetapi juga kondisi lingkungan sekolah yang nyaman dan bersih dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Apakah ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan kepercayaan diri siswa kelas V di SD Wilayah Selatan Kecamatan Besuki?, 2) Apakah ada hubungan antara lingkungan belajar sekolah dengan kepercayaan diri siswa kelas V di SD Wilayah Selatan Kecamatan Besuki?, 3) Apakah ada hubungan antara pola asuh orangtua dengan kedisiplinan siswa kelas V di SD Wilayah Selatan Kecamatan Besuki?, 4) Apakah ada hubungan antara lingkungan belajar sekolah dengan kedisiplinan siswa kelas V di SD Wilayah Selatan Kecamatan Besuki? 5) Apakah ada hubungan antara pola asuh orangtua dan lingkungan belajar sekolah dengan kepercayaan diri siswa kelas V di SD Wilayah Selatan Kecamatan Besuki?, 6) Apakah ada hubungan antara pola asuh orangtua dan lingkungan belajar sekolah dengan kedisiplinan siswa kelas V di SD Wilayah Selatan Kecamatan Besuki?, 7) Apakah ada hubungan antara pola asuh orangtua dan lingkungan belajar sekolah dengan kepercayaan diri, hasil belajar dan kedisiplinan siswa kelas V di SD Wilayah Selatan Kecamatan Besuki? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji teori, membangun fakta, menunjukkan hubungan antar variabel, memberikan deskripsi statistik, menaksir dan meramalkan hasilnya serta menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian korelasional. Penelitian ini menguji hubungan antara variabel X_1 dan X_2 dengan variabel Y_1 dan Y_2. Tesis ini juga dapat bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan dan informasi dan pengetahuan baru mengenai pola asuh orangtua, lingkungan belajar sekolah, kepercayaan diri dan kedisiplinan dalam membantu anak untuk lebih mampu mengembangkan diri. Penelitian mendapatkan hasil bahwa uji signifikasi multivariate dengan hasil analisis menunjukkan bahwa uji uji Pillai’s Trace dengan nilai signifikasi sebesar 0.008 < 0.05, nilai signifikasi uji Wilks’ Lambda sebesar 0.000 < 0.05, nilai signifikasi uji Hotelling Trace nilai sebesar 0.00 < 0.05, nilai signifikasi uji Roy’s Largest Root sebesar 0.000 < 0.05, yang artinya nilai signifikasi untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root semua signifikan karena kurang dari < 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orangtua dan lingkungan belajar sekolah dengan kepercayaan diri dan kedisiplinan siswa kelas V di SD sekecamtan Besuki.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 12850521029 VIANDA YUSTIA EKADAYA
Date Deposited: 22 Apr 2024 06:13
Last Modified: 22 Apr 2024 06:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45041

Actions (login required)

View Item View Item