PUTRI NOVITA WIDYA SANTRI, 12207193028 (2024) MANAJEMEN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN TERTIB ADMINISTRASI DI SMKS PUTRA HARAPAN PLEMAHAN KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (789kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (363kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Tertib Administrasi di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri ini ditulis oleh Putri Novita Widya Santri NIM. 12207193028 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci :Manajemen Kearsipan,Tertib Administrasi Arsip merupakan segala kegiatan pencatatan penanganan, penyimpanan, dan pemeliharaan surat-surat yang memiliki arti penting bagi pemerintah maupun instansi. Peranan arsip juga sangat menunjang kemajuan suatu lembaga pendidikan dalam pelaksanaan kegiatan administrasi sehari-hari selalu berkaitan dengan pengarsipan karena arsip merupakan catatan setiap kegiatan semua aktivitas yang dilakukan. Oleh karena itu, pentingnya manajemen kearsipan yang diperlukan disebuah lembaga. Dengan manajemen kearsipan yang baik maka proses pengambilan keputusan dan kebutuhan informasi akan dapat berjalan secara efektif dan efisien serta sistem dalam administrasi dapat berjalan secara tertib dan baik. Serta pentingnya memberikan petunjuk kerja bagaimana seharusnya arsip-arsip dikelola, yang dimulai dari proses penciptaan sampai dengan penyusutan arsip. Hal tersebut perlu dilakukan agar informasi dalam bentuk dokumen maupun data dapat diakses dengan mudah. Sehingga hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga yakni SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri. Lembaga pendidikan swasta ini memiliki Standar Operasional Pelaksanaan penyimpanan arsip yang baik dan beralih media menjadi penyimpanan digital. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini: (1) Bagaimana penciptaan kearsipan dalam meningkatkan tertib administrasi di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri?, (2) Bagaimana penyimpanan kearsipan dalam meningkatkan tertib administrasi di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri?, (3) Bagaimana penyusutan kearsipan dalam meningkatkan tertib administrasi di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri?. Adapun tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penciptaan kearsipan dalam meningkatkan tertib administrasi di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri, (2) Untuk mendeskripsikan penyimpanan kearsipan dalam meningkatkan tertib administrasi di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri, (3) Untuk mendeskripsikan penyusutan kearsipan dalam meningkatkan tertib administrasi di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri. Peneliti ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dalam hal ini peneliti memahami betul bagaimana harus mencari, memahami, dan menggali informasi yang harus didapatkan dengan cara turun langsung ke lapangan. Teknik dan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data lalu ditarik kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penciptaan Kearsipan Dalam Meningkatkan Tertib Administrasi di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri ada dua yaitu arsip dinamis dan arsip statis. Untuk arsip dinamis sudah baik dan benar dilihat dari penciptaan arsip sudah sesuai prosedur surat masuk (internal) dan surat keluar (eksternal), Sedangkan arsip statis tidak dicampur dengan arsip yang berasal dari pencipta arsip lain, sehingga arsip dapat melekat pada konteks penciptaannya. Peralatan yang digunakan sudah memadai. kepala sekolah atau wakil kepala sekolah sebagai konseptor dan korektor, sedangkan Tata Usaha, staf administrasi sebagai tim pengetik dan pendistribusian. Namun, di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri belum mempunyai SOP penciptaan arsip, penciptaan arsip yang ada berdasarkan template yang sudah ada, dan sepengetahuan pegawai arsip saja. (2) Penyimpanan arsip dalam meningkatkan tertib administrasi di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri telah dilaksanakan dengan tertib. Tertib yang dimaksud sudah tertata dengan baik. Pada proses penyimpanan arsip yang sudah mempunyai SOP, kemudian sistem yang dipakai berdasarkan pokok masalah, perlengkapan yang memadai, dan jangka penyimpanan yang sudah jelas. Penyimpanan arsip di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri yang awalnya hanya menggunakan manual sekarang beralih media menggunakan digital. (3) Penyusutan arsip dalam meningkatkan tertib administrasi di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri sudah berjalan dengan baik. Proses penyusutan arsip yang langsung mencakup pemindahan, penyerahan, dan pemusnahan. Proses penyusutan dilakukan dalam jangka sesuai dengan jangka penyimpanan arsip, dengan begitu penyusutan arsip berjalan dengan baik dan tertib. Meskipun di SMKS Putra Harapan Plemahan Kediri belum memiliki atau membuat Jadwal Retensi Arsip.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12207193028 PUTRI NOVITA WIDYA SANTRI |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 06:47 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 06:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45098 |
Actions (login required)
View Item |