FATIMATUZ ZAHRO, 12208193131 (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X PADA MATERI VIRUS DI MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X pada Materi Virus di MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Fatimatuz Zahro, NIM. 12208193131, pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Project based learning, motivasi belajar, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini merupakan salah satu pentingnya peran guru dalam menerapkan model pembalajaran yang tepat agar mampu melibatkan siswa lebih aktif dalam proses pembalajaran. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang mana model pembelajaran ini sangatlah cocok digunakan dalam kurikulum merdeka belajar yang melibatkan siswa untuk membuat sebuah projek agar proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan serta lebih efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbasis kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi siswa kelas X pada materi virus di MAN 3 Tulungagung. (2) untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbasis kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi virus di MAN 3 Tulungagung. (3) untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbasis kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas X pada materi virus di MAN 3 Tulungagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MAN 3 Tulungagung. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X F (kelas eksperimen) yang berjumlah 25 siswa dan kelas X G (kelas kontrol) yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji T dan Uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model project based learning (PjBL) berbasis kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai Sig. (2-tailed) 0,006, yaitu < 0,05. (2) Ada pengaruh model project based learning (PjBL) berbasis kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai Sig. (2-tailed) 0,010, yaitu < 0,05. (3) Ada pengaruh model project based learning (PjBL) berbasis kurikulum merdeka belajar terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai hasil tes angket 0,005 dan hasil post test 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05 yang berarti 0,005 < 0,05 dan 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208193131 FATIMATUZ ZAHRO |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 04:36 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 04:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45144 |
Actions (login required)
View Item |