ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PEDAGANG DI PASAR NGEMPLAK TULUNGAGUNG

ANTRI ARTA, 1880508220028 (2024) ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENUMBUHKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PEDAGANG DI PASAR NGEMPLAK TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (694kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Etika Bisnis Islam Dalam Menumbuhkan Kepuasan Pelanggan Pada Pedagang Di Pasar Ngemplak Tulungagung” yang ditulis oleh Antri Arta, NIM. 1880508220028 dengan Pembimbing I. Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. dan Pembimbing II, Dr. Muhamad Aswad, M.A. Bisnis merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia. Dalam Islam, bisnis tidak hanya dilihat sebagai aktivitas ekonomi semata, tetapi juga sebagai bagian dari ibadah. Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis, seorang Muslim harus berpegang teguh pada etika bisnis Islam. Etika bisnis Islam adalah seperangkat nilai dan norma yang mengatur perilaku pengusaha dan pedagang dalam menjalankan bisnisnya. Etika bisnis Islam ini bersumber dari Al- Qur'an, Hadits, dan ijtihad para ulama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis etika bisnis Islam yang dilakukan pedagang berupa ketauhidan dan religiulitas, kejujuran, transparansi, keadilan, keramahan dan kesopanan dalam menumbuhkan kepuasan pelanggan di di Pasar Ngemplak Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara langsung dengan informan yaitu pedagang di Pasar Ngemplak Tulungagung. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ketauhidan dan religiulitas pedagang dalam menumbuhkan kepuasan pelanggan di Pasar Ngemplak Tulungagung yaitu berdoa sebelum memulai aktivitas jual beli dan menjalankan syariat Islam dalam kesehariannya, seperti ibadah shalat, membayar zakat dan sedekah serta menghindari riba. 2) Kejujuran pedagang dalam menumbuhkan kepuasan pelanggan di Pasar Ngemplak Tulungagung yaitu dengan cara menunjukkan prilaku tidak menipu pembeli dengan menjual produk cacat atau rusak serta selalu menepati janji dengan pelanggannya. 3) Transparansi pedagang dalam menumbuhkan kepuasan pelanggan di Pasar Ngemplak Tulungagung yaitu dengan cara selalu berusaha memberikan informasi yang jelas dan lengkap tentang produk yang dijual kepada pembeli. 4) Keadilan pedagang dalam menumbuhkan kepuasan pelanggan di Pasar Ngemplak Tulungagung yaitu dengan cara tidak membeda-bedakan pembeli dan tidak menentukan harga yang berlebihan untuk produk mereka. 5) Keramahan dan kesopanan dalam menumbuhkan kepuasan pelanggan di Pasar Ngemplak Tulungagung yaitu dengan cara melayani pembeli dengan sabar dan penuh perhatian dan menawarkan bantuan kepada pembeli yang membutuhkan yang bertujuan untuk membuat pengalaman pembeli dalam berbelanja lebih menyenangkan. Kata Kunci: Etika, Bisnis Islam, Pedagang dan Pasar Tradisional

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ekonomi > Etika Bisnis
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ekonomi Syariah
Depositing User: 1880508220028 ANTRI ARTA
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:38
Last Modified: 24 Apr 2024 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45212

Actions (login required)

View Item View Item