PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN MELALUI E- COMMERCE OLEH MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI ISLAM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

SALSABILA YUMNA MUFIDAH, 126310201002 (2024) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI TERHADAP KEPUASAN PEMBELIAN MELALUI E- COMMERCE OLEH MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI ISLAM UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (620kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena tingginya minat beli yang dimiliki mahasiswa untuk memenuhi hasrat mereka, namun sering pula terjadinya pembelian yang tidak sesuai harapan mahasiswa karena kurangnya literasi informasi yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa terhadap kepuasan pembelian yang akan mereka dapatkan, serta bagaimana proses literasi informasi mahasiswa dalam pembelian melalui e- commerce. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan pengujian validitas dan reliabilitas, uji prasyarat normalitas dan linieritas, serta uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji korelasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif antara literasi informasi terhadap kepuasan pembelian. Disimpulkan bahwa mahasiswa telah mampu untuk melakukan literasi informasi dengan proses literasi informasi sesuai dengan teori The Big Six dan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kemampuan literasi informasi yang dimiliki oleh mahasiswa (X) dengan kepuasan pembelian (Y). Diantara proses literasi informasi yang dilakukan oleh mahasiswa adalah; mendefiniskan kebutuhan informasi, memperkiran sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhan informasi, mengakses semua sumber informasi, merangkum sumber informasi, mengevaluasi informasi, melakukan evaluasi dan mempertimbangkan efisiensi pembelian. Peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya untuk mengetahui faktor lain yang mempengaruhi kepuasan pembelian selain kemampuan lierasi informasi. Kata Kunci: Kemampuan literasi, kepuasan pembelian, e-commerce

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310201002 SALSABILA YUMNA MUFIDAH
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:48
Last Modified: 02 May 2024 07:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45213

Actions (login required)

View Item View Item