STRATEGI PROMOSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA TOKO MOURISH SHOPLIST TULUNGAGUNG

AYU BINA LESTARI, 12402193253 (2024) STRATEGI PROMOSI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PADA TOKO MOURISH SHOPLIST TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (721kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (674kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi berjudul ”Strategi Promosi Dalam Perspektif Ekonomi Islam Pada Toko Mourish Shoplist Tulungagung” yang ditulis oleh Ayu Bina Lestari, NIM. 12402193253, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Risdiana Himmati, M.Si. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya persaingan antar pengusaha khususnya pedagang dalam memikat konsumen sehingga bisa meningkatkan penjualan. Dan salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi promosi. Strategi promosi harus dilakukan dengan efektif supaya hasil penjualan dapat meningkat. Kegiatan promosi memegang peranan penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Namun strategi promosi terkadang dilakukan atas dasar prinsip ekonomi konvensional, untuk itu dalam penelitian ini peneliti akan meneliti tentang strategi promosi dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) deskripsi strategi promosi toko Mourish Shoplist Tulungagung, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat strategi promosi Toko Mourish Shoplist Tulungagung dalam meningkatkan hasil penjualan, (3) Strategi promosi dalam toko Mourish Shoplist Tulungagung dalam perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data bersumber dari data primer dengan teknik pengumpulan data terdiri atas wawancara, obsevasi, dan dokumetasi. Informan penelitian terdiri dari pemilik (Owner) toko Mourish Shoplist Tulungagung, karyawan toko Mourish Shoplist Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Miles dan Huberman, yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi promosi yang dilakukan Toko Mourish Shoplist Tulungagung dalam meningkatkan penjualan ada tiga pola strategi promosi yang cukup baik. Pertama adalah adalah social advertising, kedua adalah penjualan tatap muka (personal selling, dan ketiga yaitu Strategi promosi terakhir yaitu promosi penjualan (sales promotion). (2) Faktor pendukung Toko Mourish Shoplist Tulungagung yaitu mereka memiliki jaringan yang luas dan memiliki offline store yang letaknya strategis Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu banyak seller yang mencuri foto produk dari Toko Mourish Shoplist Tulungagung untuk dijadikan foto produk mereka dengan mengklaim harga dan kualitas yang lebih murah. (3) strategi promosi yang dilaksanakan oleh toko Mourish Shoplist Tulungagung dilihat dari perspektif islam sudah sesuai hal ini dilihat dari produk yang dijual sudah halal, pembeli bisa memilih produk sesuai selera dan dalam promosinya tidak melebih-lebihkan dan tidak menutupi kecacatan produk. Kata Kunci : Strategi Promosi, Faktor Pendukung dan Penghambat, Ekonomi Islam

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193253 AYU BINA LESTARI
Date Deposited: 25 Apr 2024 00:53
Last Modified: 25 Apr 2024 00:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45253

Actions (login required)

View Item View Item