KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGUNUT DAN SMP NEGERI 3 NGUNUT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VERBALIZER DAN VISUALIZER PADA MATERI ALJABAR

DEWI MASITOH, 128512203010 (2023) KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 NGUNUT DAN SMP NEGERI 3 NGUNUT DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VERBALIZER DAN VISUALIZER PADA MATERI ALJABAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (723kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Kemampuan Memecahkan Masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Kognitif Verbalizer dan Visualizer pada Materi Aljabar” ini ditulis oleh Dewi Masitoh NIM.128512203010, pembimbing 1 Dr. Sutopo, M.Pd., pembimbing 2 Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : HOTS, Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer, Aljabar Gaya kognitif adalah adalah cara individu memproses dan mengorganisir informasi dalam menghadapi tugas kognitif tertentu. Gaya kognitif Visualizer dan Verbalizer merupakan gaya kognitif yang dikelompokkan menurut Perceptual modality preference, merupakan gaya kognitif yang berkaitan dengan kebiasaan dan kesukaan seseorang dalam menggunakan alat indranya khususnya kemampuan melihat gerakan secara visual atau spasial, pemahaman auditory atau verbal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) ditinjau dari gaya kognitif verbalizer kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut dan SMP Negeri 3 Ngunut pada materi aljabar; 2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah Higher Order Thinking Skills (HOTS) ditinjau dari gaya kognitif visualizer kelas VII SMP Negeri 1 Ngunut dan SMP Negeri 3 Ngunut pada materi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri atas 4 siswa yang terdiri dari 2 siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Ngunut dan 2 siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Ngunut. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dengan bantuan atau arahan dari guru kelas masing masing siswa. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes gaya kognitif visualizer dan verbalizer dengan angket Visualizer-Verbalizer Questionnaire (VVQ). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) subjek mampu menyebutkan apa yang diketahui dari soal, menentukan tujuan dari permasalahan, mampu menganalisis dengan memecah informasi selanjutnya menentukan strategi yang tepat untuk memecahkan masalah, tidak mampu menganalisis dengan menentukan hubungan dari setiap informasi, tidak mampu mengevaluasi dengan merumuskan keputusan berdasarkan strategi dan analisis yang telah dilakukan sehingga tidak mampu memecahkan masalah dengan jawaban yang benar, mengevaluasi dengan memeriksa ulang jawaban, dan tidak mampu menciptakan cara lain 2) subjek visualizer mampu menyebutkan apa yang diketahui, mampu menentukan tujuan dari permasalahan, tidak mampu menganalisis dengan memecah informasi sehingga tidak mampu menentukan strategi yang tepat untuk memecahkan masalah pada soal, mampu menganalisis dengan menentukan hubungan dari setiap informasi, mampu mengevaluasi dengan merumuskan keputusan berdasarkan strategi dan analisis yang telah dilakukan, tidak mampu mengevaluasi dengan memeriksa ulang jawabannya, dan tidak mampu menciptakan cara lain.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 128512203010 DEWI MASITOH
Date Deposited: 02 May 2024 01:06
Last Modified: 02 May 2024 01:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45344

Actions (login required)

View Item View Item