PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI MIN 5 TULUNGAGUNG

SOFI AMBARSARI, 17205163309 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI MIN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sofi Ambarsari 2023. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar IPA di MIN 5 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Satu Tulungagung. Pembimbing: Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat beberapa guru menggunakan model pembelajaran berpusat pada guru. Pembelajaran yang berpusat pada guru dapat menimbulkan kebosanan dan rendahnya motivasi belajar siswa. Pada pembelajaran IPA yang bersifat penemuan hendaknya melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran dan dapat membangun pengetahuannya sendiri. Oleh karena itu hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu contoh model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah model pembelajaran learning cycle 5e. Model pembelajaran ini dapat membuat siswa berpartisipasi aktif dan pembelajaran menjadi menyenangkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 5e terhadap hasil belajar IPA di MIN 5 Tulungagung? 2) Berapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cyle 5e terhadap hasil belajar IPA di MIN 5 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 5e terhadap hasil belajar IPA di MIN 5 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap hasil belajar IPA di MIN 5 Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya Quasi Experiment (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T, yang sebelumnya diuji prasyarat yakni uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menujukkan 1) Ada pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap hasil belajar IPA di MIN 5 Tulungagung. Hal ini berdasarkan uji T diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,002. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Besar pengaruh model pembelajaran learning cycle 5e terhadap hasil belajar IPA di MIN 5 Tulungagung. Hal ini ditunjukkan nilai d = 0,98 dalam intepretasi Cohen’s sebesar 82% yang dikategorikan besar/tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163309 SOFI AMBARSARI
Date Deposited: 02 May 2024 02:25
Last Modified: 02 May 2024 02:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45361

Actions (login required)

View Item View Item