STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DALAM MENGHADAPI KETIDAKSTABILAN PERMINTAAN KONSUMEN PADA USAHA BUDIDAYA IKAN CUPANG RAJA BETTA FISH TULUNGAGUNG MELALUI ANALISIS SWOT

MOHAMMAD FARHAN ZULVIQ, 12405193271 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DALAM MENGHADAPI KETIDAKSTABILAN PERMINTAAN KONSUMEN PADA USAHA BUDIDAYA IKAN CUPANG RAJA BETTA FISH TULUNGAGUNG MELALUI ANALISIS SWOT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsiَdenganَjudulَ“StrategiَPengembangan Usaha Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Dalam Menghadapi Ketidakstabilan Permintaan Konsumen Pada Usaha Budidaya Ikan Hias Raja Betta Fish Tulungagung Melalui Analisis SWOT”, yang ditulis oleh Mohammad Farhan Zulviq, NIM 12405193271, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, dengan dosen Pembimbing Dr. Refki Rusyadi, M.Pd.I. Latar belakang penelitian ini karena banyaknya persaingan antara berbagai jenis ikan hias yang sedang tren di pasar sehingga menyebabkan permintaan ikan cupang tidak stabil. Untuk menghadapi kendala tersebut pelaku budidaya ikan cupang memerlukan strategi untuk mengatasi kendala tersebut. Strategi yang digunakan berdasarkan pada factor internal dan eksternal dalam farm tersebut supaya strategi yang dihasilkan sesuai dengan kendala yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini yang pertama untuk mengetahui strategi pengembangan usaha budidaya ikan cupang Raja Betta Fish untuk meningkatkan volume penjualan dalam menghadapi ketidakstabilan konsumen melalui analisis SWOT. Tujuan yang kedua untuk mengetahui hasil strategi yang di dapat dari analisis SWOT untuk mengembangkan usaha budidaya ikan cupang Raja Betta Fish untuk meningkatkan volume penjualan dalam menghadapi ketidakstabilan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah di dapat dianalisis dengan pendekatan SWOT selanjutnya memaparkan data, melakukan pengecekan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yang digunakan yaitu dengan perpajang kehadiran, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini setelah dilakaukan analisis SWOT adalah strategi pengembangan yang digunakan oleh bapak Zaenal Arifin dalam mengembangkan usahanya yaitu strategi growth oriented strategi atau strategi pertumbuhan. Jenis strategi yang cocok untuk strategi growth oriented strategi adalah jenis strategi SO (strength-opportunity) yaitu strategi budidaya ikan cupang dengan memanfaatkan keterampilan SDM dalam menghasilkan ikan cupang yang berkualitas dan memanfaatkan media sosial sebagai peluang untuk memperluas jangkauan pemasaran produk ikan cupang, memaksimalkan lahan budidaya yang ada sehingga dapat menghasilkan banyak jenis ikan cupang sehingga dapat memenuhi permintaan konsumen. Kata Kunci : Strategi Pengembanagn Usaha, Ikan Cupang, Analisis SWOT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193271 MOHAMMAD FARHAN ZULVIQ
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:47
Last Modified: 29 Apr 2024 08:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45373

Actions (login required)

View Item View Item