استخدام وسائل التواصل الاجتماعي الواتساب في تعلم مهارة الكتابة العربية لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية إمام الغزالي فنجيريجو رجوتنجان للعام الدراسي ٢٠٢١ /٢٠٢٢ البحث العلمي

BASHIIROTUL MUNAWWAROH, 12202173027 (2021) استخدام وسائل التواصل الاجتماعي الواتساب في تعلم مهارة الكتابة العربية لطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الإسلامية إمام الغزالي فنجيريجو رجوتنجان للعام الدراسي ٢٠٢١ /٢٠٢٢ البحث العلمي. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Penggunaan Media Sosial Whatsapp dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis dalam Mata Pelajaran Bahasa Arab untuk Siswa Siswa Kelas VIII Mts. Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022.” ini ditulis oleh Bashiirotul Munawwaroh, NIM 12202173027, Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Tulungagung Tahun 2021, Pembimbing DR.H.Kojin,M.A. Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial Whatsapp dan Keterampilan Menulis Latar Belakang : Dari surat edaran yang dikeluarkan oleh kementrian pembelajaran dan kebudayaan RI No. 4 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pembelajaran pada saat terjadi keadaan darurat virus corona. Tercantum dalam surat edaran tersebut tentang pembelajaran yang berlangsung dari rumah atau pembelajaran jarak jauh, yang mana hal ini menjadikan proses pembelajaran berlangsung dengan penggunaan media sosial whatsapp. Mts. Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan mengalami kesulitan dalam pembelajaran Bahasa arab saat proses pembelajaran jarak jauh berlangsung. Karena pembelajaran model seperti ini membutuhkan adaptasi baru yang tidak ada sebelumnya. Hal ini dapat memunculkan banyak dampak postif dan negatifnya. Rumusan Masalah : 1) Bagaimana proses penggunaan media sosial whatsapp dalam pembelajaran keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa arab siswa kelas VIII Mts. Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan ? 2) Apa problematika dari penggunaan media sosial whatsapp dalam pembelajaran keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa arab siswa kelas VIII Mts. Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan ? 3)Bagaimana solusi yang dilakukan untuk mengatasi Problematika dari penggunaan media sosial whatsapp dalam pembelajaran keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa arab siswa kelas VIII Mts. Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan? Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil Penelitian : 1). Adapun proses pembelajaran yang dilakukan dengan penggunaan media sosial whatsapp dalam pembelajaran keterampilan menulis pelajaran Bahasa arab ada tiga tahap yaitu perencanaan dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran penggunaan media sosial whatsapp dalam pembelajaran keterampilan menulis pelajaran Bahasa arab, Pelaksanaan pembelajaran dengan melalui tiga tahap yaitu a). kegiatan awal/pendahuluan b). kegiatan inti/ penyajian materi c). tahap akhir/evaluasi 2). Adapun problematika dari penggunaan media sosial whatsapp dalam pembelajaran keterampilan menulis pada pembelajaran Bahasa arab siswa kelas VIII Mts. Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan dikelompokkan atas dua aspek, yaitu aspek linguistic dan non lingusitik 3). Adapun Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika penggunaan media sosial whatsapp dalam pembelajaran keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa arab di Mts. Imam Al-Ghozali Panjerejo Rejotangan yaitu : Upaya yang dilakukan Siswa ; 1). Selalu berusaha membiasakan diri untuk latihan menulis Bahasa arab secara berlebih dalam Latihan, tidak hanya menulis Bahasa arab yang berkaitan dalam pelajaran saja, tetapi juga Latihan menulis Bahasa arab yang tidak berkaitan dengan pelajaran atau sejenis menulis ayat-ayat Al-Qur’an, 2). Selalu belajar Bahasa arab di rumah walaupun hanya sebentar, 3). Selalu aktif mengikuti kegiatan tambahan yang berkaitan dengan bahasa arab, 4). Selalu mengerjakan tugas Bahasa arab sebagai sarana Latihan, 5). Menyempatkan diri ikut kegiatan kelompok belajar Bahasa arab di sekolahan. Upaya yang dilakukan Guru ; 1). Menumbuhkan motivasi siswa, 2). Menghadapi latar belakang Pendidikan siswa, 3). Mensiasati waktu kegiatan pembelajaran yang kurang cukup, 4). Menumbuhkan perasaan cinta terhadap pelajaran Bahasa arab, 5). Menghadapi rasa kebosanan siswa terhadap pelajaran Bahasa arab, 6). Menyampaikan materi-materi yang dirasa sulit oleh siswa, 7). Bila siswa mengalami kesulitan dalam memahami kata-kata yang diucapkan guru, maka guru membantu.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Fasilitas Belajar
Pendidikan > Luring
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202173027 BASHIIROTUL MUNAWWAROH
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:37
Last Modified: 29 Apr 2024 03:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45390

Actions (login required)

View Item View Item