ANALISIS PENALARAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI MTSN BLITAR TAHUN 2021

M HAMSA AL AHSIN, 17204163305 (2021) ANALISIS PENALARAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DI MTSN BLITAR TAHUN 2021. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Penalaran Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Di MTsN 2 Blitar Tahun 2021/2022” ini ditulis oleh M Hamsa Al Ahsin, NIM 17204163305, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd., Kata Kunci: Analisis Penalaran, Gaya Belajar Penelitian ini didorong oleh masih rendahnya kemampuan guru dalam mengetaui jenis gaya belajar yang ada di kelas, sehinga kecenderungan mengajar hanya menggunakan komunikasi satu arah, yakni dari guru ke siswa melalui ceramah. Sedangkan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah gaya belajar. Gaya belajar setiap siswa tentu berbeda-beda sesuai dengan karakteristik dan kecenderungan yang dimilki. Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) Untuk mendeskripsikan penalaran siswa kelas VII-C dengan gaya belajar audio pada MTsN 2 Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan penalaran siswa kelas VII-C dengan gaya belajar visual pada MTsN 2 Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan penalaran siswa kelas VII-C dengan gaya belajar kinestetik pada MTsN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar dengan gaya belajar visual adalah jenis penalaran induktif tapi juga sudah terlihat adanya penggunaan jenis penalaran deduktif, rata-rata dari empat indikator penalaran yang ada hampir semuanya terpenuhi, tiga indikator berhasil terpenuhi yaitu mengingat kembali pendapat, membuat dan melakukan penyelidikan, dan dapat mengembangkan dan mengevaluasi pendapat. Sedangkan untuk indikator yang ke empat belum terpenuhi. 2) Penalaran siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar dengan gaya belajar visual adalah jenis penalaran induktif tapi juga sudah terlihat adanya penggunaan jenis penalaran deduktif sederhana, rata-rata dari empat indikator penalaran yang ada hampir semuanya terpenuhi, tiga indikator berhasil terpenuhi yaitu mengingat kembali pendapat, membuat dan melakukan penyelidikan, dan dapat mengembangkan dan mengevaluasi pendapat. Sedangkan untuk indikator yang ke empat belum terpenuhi. 3) Penalaran dalam menyelesaikan masalah bangun datar dengan gaya belajar kinestetik adalah jenis penalaran induktif belum terlihat adanya penggunaan jenis penalaran deduktif sederhana, dari empat indikator penalaran yang ada tiga indikator berhasil terpenuhi yaitu mengingat kembali pendapat, membuat dan melakukan penyelidikan, dan dapat mengembangkan dan mengevaluasi pendapat, sedangkan untuk indikator yang ke empat belum terpenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163305 M HAMSA AL AHSIN
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:52
Last Modified: 29 Apr 2024 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45436

Actions (login required)

View Item View Item