STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN BACA TULIS AL-QURAN DI TPQ AL-QOMAR DESA BONO BOYOLANGU TULUNGAGUNG

FIFI HANDAYANI, 12201193235 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGAJARKAN BACA TULIS AL-QURAN DI TPQ AL-QOMAR DESA BONO BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (633kB)
[img] Text
BAB II'.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Handayani, Fifi. 2023. Strategi Guru dalam Mengajarkan Baca Tulis Al-Quran di TPQ Al-Qomar Desa Bono Boyolangu Tulungagung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Musrikah,S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Mengajarkan, Baca Tulis Al-Quran Pendidikan merupakan suatu yang penting untuk dimiliki oleh semua orang. Karena melalui pendidikan kehidupan akan semakin terarah dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Pendidikan dapat diperoleh salah satunya melalui lembaga pendidikan TPQ, Pondok pesantren, majelis ta’lim. TPQ ialah fasilitas belajar anak untuk mendapatkan ilmu tentang baca tulis Al- Quran dengan dibimbing Ustadz/Ustadzah yang mahir dalam mengajar baca tulis Al- Quran. Guru di TPQ Al-Qomar menyusun strategi untuk mengajar baca tulis Al-Quran supaya santri mengerti bagaimana belajar Al-Quran yang baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid yang telah ditetapkan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengajar membaca Al-Quran di TPQ Al-Qomar Desa Bono Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengajar menulis di TPQ Al-Qomar Desa Bono Boyolangu Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan data pada penelitian ini menggunakan Uji Kredibilitas, Uji Dependabilitas, dan Uji Konfirmabilitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: Strategi guru dalam mengajar membaca Al-Quran di TPQ Al-Qomar yaitu secara pengorganisasian pembelajaran meliputi menentukan tujuan, mengatur pembelajaran membaca,menetapkan bahan ajar, menentukan alokasi waktu,menentukan aktifitas belajar,kegiatan belajar mengajar,menentukan metode membaca,menentukan media,mengadakan evaluasi belajar tahap akhir (EBTA). Penyampaian pembelajaran meliputi interaksi pembelajar dengan media saat membaca Al-Quran,bentuk belajar mengajar secara klasikal dan privat. Pengelolaan pembelajaran meliputi menentukan jadwal, pembuatan catatan kemajuan belajar berupa buku prestasi, pemberian motivasi. Strategi guru dalam mengajar menulis Al-Quran di TPQ Al-Qomar yaitu secara pengorganisasian pembelajaran meliputi menentukan tujuan menulis,menentukan pengaturan menulis, menentukan bahan ajar,menentukan alokasi waktu,menentukan aktifitas belajar,menentukan metode menulis,menentukan media,belum ada evaluasi dalam pembelajaran menulis. Penyampaian pembelajaran meliputi adanya interaksi antara santri dengan media saat pembelajaran menulis,bentuk belajar mengajar penyampaian materi secara bertahap. Pengelolaan pembelajaran meliputi menentukan jadwal,belum ada catatan kemajuan belajar, pemberian motivasi berupa apresiasi pemberian hadiah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193235 FIFI HANDAYANI
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:31
Last Modified: 02 May 2024 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45437

Actions (login required)

View Item View Item