NUR LAILI NADIFAH, 12204183040 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL ‘ULUM PADA MATERI POLA BILANGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika adalah mampu memecahkan masalah, dimana pemecahan masalah merupakan usaha untuk menemukan jalan keluar dari suatu kesulitan, dan cara pemecahan masalah tiap peserta didik tidak sama. Salah satu faktor pendukung dalam menyelesaikan masalah dengan baik adalah sikap positif peserta didik terhadap pembelajaran matematika (dalam hal ini disebut disposisi matematis). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memiliki disposisi matematis tinggi, 2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memiliki disposisi matematis sedang, dan 3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memiliki disposisi matematis rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Peserta didik yang berpartisipasi adalah 19 orang. Dipilih 6 orang sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 2 peserta didik dengan disposisi matematis tinggi, 2 peserta didik dengan disposisi matematis sedang, dan 2 peserta didik dengan disposisi matematis rendah untuk dianalisis kemampuan pemecahan masalahnya. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peserta didik dengan disposisi matematis tinggi pada kemampuan pemecahan masalah memenuhi semua indikator pemecahan masalah, yakni mampu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali; 2) peserta didik dengan disposisi matematis sedang pada kemampuan pemecahan masalah memenuhi 3 indikator pemecahan masalah, yakni mampu memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan melaksanakan rencana pemecahan; 3) peserta didik dengan disposisi matematis rendah pada kemampuan pemecahan masalah mampu memahami masalah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Pola Bilangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183040 NUR LAILI NADIFAH |
Date Deposited: | 15 May 2024 07:45 |
Last Modified: | 15 May 2024 07:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45537 |
Actions (login required)
View Item |