تأثير تطبيق إنفينيت العربية القائم على التعلم عبر الهاتف المحمول على إتّقان المفردات لطّلّاب الصّف السّابع في المدرسة المتوسطّة الإسلامية الحكومية الثّالثة تولونج أجونج

ALIA WAFIQUL AZIZAH, 12202193005 (2024) تأثير تطبيق إنفينيت العربية القائم على التعلم عبر الهاتف المحمول على إتّقان المفردات لطّلّاب الصّف السّابع في المدرسة المتوسطّة الإسلامية الحكومية الثّالثة تولونج أجونج. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh aplikasi Infinite Arabic berbasis mobile learning terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat) siswa kelas VII di MtsN 3 Tulungagung” ditulis oleh Alia Wafiqul Azizah (12202193005) Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata Kunci : Aplikasi infinite Arabic, mobile learning, penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan siswa dalam bermain game dan bersosial media serta kurangnya pemanfaatan smartphone dalam segi edukatif khususnya dalam mempelajari bahasa asing. Sehingga siswa kurang mengetahui dasar dari belajar bahasa asing salah satunya yaitu dalam memperbanyak kosakata. Banyak media belajar yang efektif untuk mendorong siswa aktif dalam menambah kosakata khususnya bahasa Arab, salah satunya dengan aplikasi Infinite Arabic yang dapat digunakan di smartphone dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh aplikasi Infinite Arabic berbasis mobile learning terhadap penguasaan mufrodat siswa kelas VII di MTsN 3 Tulungagung?, 2) Adakah perbedaan yang signifikan penguasaan mufrodat siswa kelas VII di MTsN 3 Tulungagung sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Infinite Arabic berbasis mobile learning?. Pendekatan penelitian yang digunakan pada karya ilmiah ini adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen (Quasi Experiment Design). Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebasnya adalah aplikasi Infinite Arabic berbasis mobile learning (X) dan variabel terikatnya adalah penguasaan mufrodat (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik Purpose Sampling (teknik pengambilan sample dengan pertimbangan tertentu). Analisis data awal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan analisis data akhir menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 23 for windows. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Infinite Arabic berbasis mobile learning terhadap penguasaan mufrodat, dibuktikan dengan hasil t_hitung = 5,358 dan t_tabel= 0,361 sehingga 5,358 < 0,361 dan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan mufrodat siswa kelas VII di MTsN 3 Tulungagung sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi Infinite Arabic berbasis mobile learning dibuktikan dengan kelompok eksperimen yang memperoleh perlakuan yang memiliki nilai rata-rata sejumlah 88,53 dengan nilai maksimum 100 dan nilai minimum 72.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202193005 ALIA WAFIQUL AZIZAH
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:30
Last Modified: 30 Apr 2024 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45553

Actions (login required)

View Item View Item