APRILIA RAHMAWATI PUTRI, 12210193088 (2023) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL BERBASIS GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci : Media Visual Berbasis Gambar, Menulis Puisi Media pembelajaran adalah alat bantu yang berguna untuk menyampaikan pesan kepada siswa sehingga dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran keterampilan menulis puisi di dalam kelas, guru menggunakan media pembelajaran yang kreatif. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran. Salah satu media yang digunakan adalah media visual berbasis gambar. Media ini diharapkan mampu untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan media ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media visual berbasis gambar dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X MAN 4 Jombang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIK 1, X IIS 2, X IIS 3, dan X MIA 2 MAN 4 Jombang. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis dalam penelitian ini dengan cara mengolah data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) evaluasi. Tahap perencanaan terdiri dari penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Tahap pelaksanaan terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Tahap evaluasi terdiri dari penilaian hasil kerja peserta didik berdasarkan kriteria tertentu yang dikumpulkan langsung kepada guru. Bentuk penilaian pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk mengukur pemahaman siswa dengan memberikan tugas menulis puisi berdasarkan media gambar yang diamati dengan cara siswa memilih salah satu dari keempat media gambar yang ditampilkan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti menemukan bahwa penggunaan media visual berbasis gambar pada pembelajaran keterampilan menulis puisi efektif dan menunjukkan hasil yang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210193088 APRILIA RAHMAWATI PUTRI |
Date Deposited: | 02 May 2024 02:53 |
Last Modified: | 02 May 2024 02:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45616 |
Actions (login required)
View Item |