DEVI DIAN FATMAWATI, 12206183109 (2023) UPAYA PENDIDIK DALAM MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG KARDUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK DI TK AL-HIDAYAH TOGOGAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Devi Dian Fatmawati 12206183109, 2023, Upaya Pendidik Dalam Menggunakan Media Wayang Kardus Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Di TK AL-HIDAYAH Togogan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Syahid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci: Wayang Kardus, Kemampuan Bercerita Keterampilan bercerita merupakan sebuah kemampuan untuk menyampaikan informasi kepada pendengar. Dalam metode bercerita terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan, yaitu kesesuaian topik, ketepatan urutan dalam cerita, kelancaran bercerita dan ketepatan dalam intonasi. Dalam mencapai beberapa aspek tersebut, pendidik TK AL-HIDAYAH TOGOGAN menggunakan beberapa upaya, salah satunya menggunakan media ajar berupa wayang kardus. Dalam pengaplikasian wayang kardus sebagai media untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak, diperlukan beberapa tahap, diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dengan demikian hal diatas menjadi latar belakang peneliti untuk mencari tahu bagaimana tahapan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang dilakukan oleh para pendidik TK Al-Hidayah Togogan sehingga mampu mencapai tujuan yang menentukan berhasil atau tidaknya seorang guru meningkatkan kemampuan bercerita anak didiknya menggunakan media wayang kardus. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan guru dalam menggunakan media wayang kardus untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam menggunakan media wayang kardus untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam menggunakan media wayang kardus untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di TK AL-Hidayah Desa Togogan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamat, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitiannya adalah : (1) Upaya penggunaan media Wayang Kardus pada pada penelitian terdahulu menunjukaan telah efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara pada anak (2) pada pelaksanaannya ditemukan kesulitan di TK AL-HIDAYAH TOGOGAN yang ditandai dengan adanya anak yang mengalami kesulitan berbicara, (3) Untuk mengatasi permasalahan tersebut Tindakan yang dilakukan oleh guru adalah melakukan pendekatan dan pendampingan khusus pada siswa, (4) Perbaikan yang dilakukan Guru adalah dengan mengavulasi penggunaan media wayang kardus yang telah dilakukan sebelumya agar lebih efektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183109 DEVI DIAN FATMAWATI |
Date Deposited: | 03 May 2024 07:11 |
Last Modified: | 03 May 2024 07:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45645 |
Actions (login required)
View Item |