PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA PADA KELAS IV DI MI AL BURHANI PURWOASRI KEDIRI

MONILLA RAMA DHANISA, 128505203017 (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA PADA KELAS IV DI MI AL BURHANI PURWOASRI KEDIRI. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tesis berjudul “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 dalam meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Keanekaragaman Budaya di Indonesia Kelas IV di MI Al – Burhani Purwoasri Kediri”, ditulis oleh Monilla Rama Dhanisa, NIM. 128505203017 dengan dosen pembimbing Dr. Adi Wijayanto, M.Pd dan Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Pengembangan Media, Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPS Pengembangan media pembelajaran menjadi sebuah langkah inovatif yang harus dilaksanakan guna menunjang proses pembelajaran. Pemanfaatan media dalam pembelajaran diharapkan akan menambah efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan. Minimnya media pembelajaran yang dimanfaatkan akan memberikan dampak kurang motivasi dari diri peserta didik. Kebutuhan media pembelajaran yang menarik dan variatif untuk menunjang pembelajaran sehingga peserta didik lebih semangat untuk belajar serta antusias dalam pembelajaran,. Peneliti pun ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran yaitu multimedia interaktif yang merupakan tampilan gabungan dari berbagai media seperti audio dan juga visual yang terdiri dari gambar, video, grafis, teks, foto, audio dan juga animasi yang sudah terintegrasi dan sudah di kemas menjadi sebuah file digital Pengembangan multimedia interaktif diharapkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar, melalui pemanfaatan multimedia.berbasis Macromedia Flash 8. Media pembelajaran ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi dan memberikan kemajuan dalam pembelajaran disekolah. Peserta didik dapat antusias mengikuti pembelajaran secara aktif dan menyenangkan, terhindar dari pembelajaran yang membosankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana proses pengembangan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada materi Keanekaragaman Budaya Indonesia kelas IV MI Al Burhani Purwoasri Kediri?, 2) Bagaimana efektifitas penggunaan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash dalam meningkatkan hasil belajar kelas IV di MI Al Burhani Purowoasri Kediri? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan research and development mengacu pada 10 tahap Borg dan Gall. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV MI Al Burhani Kediri, dengan objek sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya pengembangan multimedia interaktif berbasis Macromedia Flash dalam meningkatkan hasil belajar IPS dilaksanakan dengan beberapa tahapan, yaitu mengacu mengacu pada 10 tahap Borg dan Gall, menunjukkan progres yang positif. Model media pembelajaran ini adalah penyajian materi berbasis presentasi yang disertai dengan video dan gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Materi juga ditambah wawasan mengenai contoh atau bentuk materi keanekaragaman budaya Indonesia. 2) Penggunaan multimedia dalam pembelajaran dapat memberikan berbagai manfaat bagi proses pembelajaran dan pemahaman siswa. Penelitian ini menunjukkan peningkatan skor ketika menggunakan dan tidak menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash. Artinya tingkat efektivitas kegiatan pembelajaran menggunakan multimedia berbasis Macromedia Flash yaitu berkisar antara 6,60%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 128505203017 MONILLA RAMA DHANISA
Date Deposited: 02 May 2024 06:40
Last Modified: 02 May 2024 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45665

Actions (login required)

View Item View Item