STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMPN 1 SANANKULON BLITAR

RIFDA FAUZIATUL MUNA, 12201193277 (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMPN 1 SANANKULON BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini ditulis oleh Rifda Fauziatul Muna, 12201193277. Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di SMPN 1 Sanankulon Blitar. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Khoirul Anam, M. Pd. I. Kata Kunci: Strategi guru PAI, Kreativitas Peserta Didik, Pembelajaran Berbasis Proyek Kreativitas belajar merupakan kemampuan siswa untuk menemukan cara-cara yang baru dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan pembelajaran. Dengana adanya pembelajaran proyek diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kreativitas peserta didik. Untuk meningkatkan kreativitas peserta didik khususnya dalam pembelajaran berbasis proyek, dibutuhkan peran dari guru Pendidikan Agama Islam. Strategi pembelajaran yang baik dapat menentukan keberhasilan suatu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreatifitas peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek di SMPN 1 Sanankulon Blitar. 2) Untuk mendeskripsikan strategi penyampaian guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kretifitas peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek di SMPN 1 Sanankulon Blitar. 3) Untuk mendeskripsikan strategi pengelolaan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kreatifitas peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek di SMPN 1 Sanankulon, Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data diambil dari guru Pendidikan Agama Islam, Waka Kurikulum dan peserta didik SMPN 1 Sanankulon Blitar. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, teknik observasi partisipan dan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan sumber, perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi pengorganisasian yang dilakukan oleh guru PAI adalah dengan membuat modul proyek yang disesuaikan dengan konteks, karakteristik serta kebutuhan peserta didik, guru PAI menentukan tema proyek yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, lingkungan pendidikan, lingkungan peserta didik dan orangtua wali serta ekonomi wali. 2) Strategi Penyampaian yang dilakukan oleh guru PAI adalah dengan menggunakan metode pembelajaran kolaboratif dengan membentuk kelompok proyek, guru PAI juga menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran dalam penyampaian pembelajaran. 3) Strategi Pengelolaan yang dilakukan oleh guru PAI adalah dengan penjadwalan penggunaan strategi pembelajaran dengan baik, pembuatan catatan kemajuan belajarar belajar peserta didik dengan membuat evaluasi kemajuan belajar setiap kelompok proyek, kontrol belajar dengan cara membangun kedekatan dengan peserta didik secara lahir dan batin

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193277 RIFDA FAUZIATUL MUNA
Date Deposited: 03 May 2024 03:18
Last Modified: 03 May 2024 03:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45680

Actions (login required)

View Item View Item