DEWI AYU NURHA SONIA, 126310201008 (2024) ANALISIS KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB-C TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (833kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (72kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Literasi merupakan suatu kemampuan membaca dan menulis yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Hal itu merupakan kemampuan awal yang harus dimiliki setiap siswa yang akan mempengaruhi prestasi dan proses belajar selanjutnya. Namun realitanya pada anak berkebutuhan khusus tidak banyak yang sudah bisa berliterasi dengan baik. Dengan hal tersebut perlunya dukungan dan dampingan baik disekolah dan dirumah, serta menyediakan media-media yang dapat membantu dan menambah daya Tarik siswa dalam literasi/belajar, karena keadaan fisik dan motoriknya yang menjadi salah satu penghambat dalam setiap proses berliterasi/belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam mengembangkan kemampuan berliterasi siswa berkebutuhan Khusus di SLB-C Negeri kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan melakukan penelitian di SLB-C Negeri Tulungagung. Subjek penelitian terdiri 8 informan, 6informan dari wali siswa SD dan 2 informan dari Guru SD di SLB-C Negeri Tulungagung. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Dari penelitian yang telah dilakukam ,menemukan temuan hasil penelitian yang mengungkapkan tiga temuan yaitu : (1).Orang tua siswa berkebutuhan khusus sangat terlibat dalam setiap kegiatan literasi/belajar siswa baik dirumah dan disekolah. (2).Siswa mampu berinteraksi dengan sesama teman disekolah dan dirumah. (3).Pada saat pembelajaran disekolah siswa mampu berliterasi dan belajar dengan dampingan dan arahan guru. Kata kunci : keterlibatan Orang Tua, Literasi, Siswa Berkebutuhan Khusus.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 126310201008 DEWI AYU NURHA SONIA |
Date Deposited: | 02 May 2024 07:02 |
Last Modified: | 02 May 2024 07:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45682 |
Actions (login required)
View Item |