ANALISIS KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB-C TULUNGAGUNG

DEWI AYU NURHA SONIA, 126310201008 (2024) ANALISIS KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB-C TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (833kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Literasi merupakan suatu kemampuan membaca dan menulis yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Hal itu merupakan kemampuan awal yang harus dimiliki setiap siswa yang akan mempengaruhi prestasi dan proses belajar selanjutnya. Namun realitanya pada anak berkebutuhan khusus tidak banyak yang sudah bisa berliterasi dengan baik. Dengan hal tersebut perlunya dukungan dan dampingan baik disekolah dan dirumah, serta menyediakan media-media yang dapat membantu dan menambah daya Tarik siswa dalam literasi/belajar, karena keadaan fisik dan motoriknya yang menjadi salah satu penghambat dalam setiap proses berliterasi/belajar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlibatan orang tua dalam mengembangkan kemampuan berliterasi siswa berkebutuhan Khusus di SLB-C Negeri kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan melakukan penelitian di SLB-C Negeri Tulungagung. Subjek penelitian terdiri 8 informan, 6informan dari wali siswa SD dan 2 informan dari Guru SD di SLB-C Negeri Tulungagung. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Dari penelitian yang telah dilakukam ,menemukan temuan hasil penelitian yang mengungkapkan tiga temuan yaitu : (1).Orang tua siswa berkebutuhan khusus sangat terlibat dalam setiap kegiatan literasi/belajar siswa baik dirumah dan disekolah. (2).Siswa mampu berinteraksi dengan sesama teman disekolah dan dirumah. (3).Pada saat pembelajaran disekolah siswa mampu berliterasi dan belajar dengan dampingan dan arahan guru. Kata kunci : keterlibatan Orang Tua, Literasi, Siswa Berkebutuhan Khusus.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310201008 DEWI AYU NURHA SONIA
Date Deposited: 02 May 2024 07:02
Last Modified: 02 May 2024 07:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45682

Actions (login required)

View Item View Item