Pengaruh Pendekatan Berbasis Otak (Brain Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas 4 SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013

Susanti, Nunik (2014) Pengaruh Pendekatan Berbasis Otak (Brain Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas 4 SDN Sambidoplang Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (92kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (69kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (21kB)
[img] Text
COVER LUAR.docx

Download (75kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL - ABSTRAK.docx

Download (218kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Brain-Based-Learning, Hasil Belajar matematika Pendekatan Brain-Based-Learning adalah pendekatan yang multidisipliner yang di bangun di atas pertanyaan fundamental, “ apa saja yang baik bagi otak?” pertanyaan ini berasal dari berbagai macam disiplin, seperti reaksi kimia, neorologi, psikologi, sosiologi, genetika, biologi, dan neorolobiologi komputasi. Kemampuan berpikir kreatif adalah suatu kegiatan mental yang di gunakan seseorang untuk membangun ide atau gagasan yang baru secara fasih dan fleksibel. Penerapan pendekatan Brain-Based-Learning pada pembelajaran matematika adalah salah satu cara yang di gunakan seseorang pengajar untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan pendekatan ini di harapkan mempengaruhi hasil belajar matematika siswa yang di laksanakan di kelas 4 SDN Sambidoplang Sumbergempol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh penerapan pendekatan berbasis otak (Brain Based Learning) terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas 4 SDN Sambidoplang Sumbergempol?, (2) Seberapa besar pengaruh penerapan pendekatan berbasis otak (Brain Based Learning) terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas 4 SDN Sambidoplang Sumbergempol?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan berbasis otak (Brain Based Learning) terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas 4 SDN Sambidoplang Sumbergempol,(2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan berbasis otak (Brain Based Learning) terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas 4 SDN Sambidoplang Sumbergempol. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah memberikan gambaran tentang model pembelajaran matematika yang dapat diterapkan pada peserta didik. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data dengan metode observasi, tes, dokumentasi, dan interview. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang pemahaman operasi hitung bilangan bulat dan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Sambidoplang Sumbergempol Tahun Ajaran 2012/2013. Analisis data menggunakant-test sebesar 2, 22 tersebut disebut thitung danjumlah sampel yang diteliti adalah 42 peserta didik, maka db = 42 – 2 = 40 dengan taraf signifikasi 5% ditemukan ttabel = 0,312 dan pada taraf signifikasi 1% ditemukan ttabel = 0,403, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan berbasis otak (brain based learning) terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas 4 SDN sambidoplang sumbergempol. Besarnya pengaruh pendekatan berbasis otak(brain based learning) terhadap hasil belajar matematika sebesar 15,40% dan masuk dalam kategori rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 04:34
Last Modified: 09 Dec 2014 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/457

Actions (login required)

View Item View Item