PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI TULUNGAGUNG

EVA ISNA ALFIANI, 12204183129 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung” ditulis oleh Eva Isna Alfiani, NIM 12204183129, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran flipped classroom, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran yang kurang maksimal dengan hasil belajar siswa yang rendah. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Akibatnya minat belajar siswa rendah dan hasil belajar menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar, serta mempermudah siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang dianggap dapat meningkatkan minat belajar siswa di era digital ini adalah model flipped classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung. 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung. 3) mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran flipped classroom dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan sampel yang didapat yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket dan dengan uji T- test (independent Sampling T-test), dan uji R-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran flipped classroom terhadap minat belajar siswa pada matei relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung. 2) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada matei relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung. 3) besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran flipped classroom terhadap minat dan hasil belajar siswa pada matei relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung adalah 96.1% dan 98% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183129 EVA ISNA ALFIANI
Date Deposited: 03 May 2024 07:38
Last Modified: 03 May 2024 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45714

Actions (login required)

View Item View Item