EVA ISNA ALFIANI, 12204183129 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MINAT DAN HASILBELAJAR SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTs SUNAN KALIJOGO REJOSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung” ditulis oleh Eva Isna Alfiani, NIM 12204183129, pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Model pembelajaran flipped classroom, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran yang kurang maksimal dengan hasil belajar siswa yang rendah. Selain itu, model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru. Akibatnya minat belajar siswa rendah dan hasil belajar menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar, serta mempermudah siswa dalam memahami materi yang dipelajari. Salah satu model pembelajaran yang dianggap dapat meningkatkan minat belajar siswa di era digital ini adalah model flipped classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung. 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung. 3) mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran flipped classroom dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah minat dan hasil belajar siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan sampel yang didapat yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket dan dengan uji T- test (independent Sampling T-test), dan uji R-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran flipped classroom terhadap minat belajar siswa pada matei relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung. 2) terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar siswa pada matei relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung. 3) besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran flipped classroom terhadap minat dan hasil belajar siswa pada matei relasi dan fungsi kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Rejosari Tulungagung adalah 96.1% dan 98% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183129 EVA ISNA ALFIANI |
Date Deposited: | 03 May 2024 07:38 |
Last Modified: | 03 May 2024 07:38 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45714 |
Actions (login required)
View Item |