تطبيق طريقة الانتقائية في تعليم مهاراة الكتابة لطلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية "منبع العلوم" ريجوتانجان تولونج أجونج للعام الدرسى 2021/2022.م

RISMA LUTFIATUN NUR KHASANAH, 12202173066 (2022) تطبيق طريقة الانتقائية في تعليم مهاراة الكتابة لطلاب الصف الثامن بالمدرسة المتوسطة الإسلامية "منبع العلوم" ريجوتانجان تولونج أجونج للعام الدرسى 2021/2022.م. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Eklektik dalam Pembelajaran keterampilan Menulis di MTs Manba’ul Ulum Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022” ini ditulis oleh Risma Lutfiatun Nur Khasanah, NIM 12202173066, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh: Nuryani, M.Pd.I. Kata Kunci: Metode Eklektik, Pembelajaran Maharah Kitabah Maharah kitabah merupakan salah satu keterampilan dalam mata pelajaran Bahasa Arab, namun pada proses pembelajarannya masih banyak mengalami kendala. Dan sejauh ini metode eklektik merupakan metode yang efektif dalam pembelajaran maharah kitabah, dengan syarat bahwa seorang guru harus memahami kelebihan dan kekurangan dari metode ini supaya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan bisa tercapai. Fokus Penelitian: 1) Bagaimana proses guru bahasa arab mengajar maharah kitabah dengan metode eklektik di MTs Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? 2) Bagaimana kendala guru bahasa arab dalam mengajar maharah kitabah dengan metode eklektik di MTs Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? 3) Bagaimana upaya guru untuk memecahkan kesulitan dalam mengajar maharah kitabah dengan metode eklektik di MTs Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung? Metode Penelitian:Deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data: secara induksi berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi Hasil Penelitian: 1) Proses pembelajaran maharah kitabah di MTs Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung dengan metode eklektik terbagi menjadi tiga tahap yaitu. a) tahap perencanaan b) tahap pelaksanaan c) tahap evaluasi. 2) Kendala yang dihadapi oleh guru Bahasa Arab dalam mengajar maharah kitabah dengan metode eklektik di MTs Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung yaitu: a) kesulitan yang dialami guru: (1) Guru merasa kesulitan menggunakan beberapa metode pembelajaran, (2) Siswa tidak memperhatikan proses pembelajaran. b) Kesulitan yang dialami oleh siswa: (1) siswa tidak memahami arti dari kalimat pada buku, (2) Mereka tidak memahami susunan kalimat sehingga membuat kesalahan dalam menulis. 3) Upaya guru bahasa arab untuk memecahkan masalah dalam mengajar maharah kitabah dengan metode eklektik di MTs Manba’ul Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung yaitu: a) Solusi untuk masalah guru: (1) Dengan musyawarah tim pengajar, (2) mengulang topik pada pertemuan berikutnya. b)Solusi untuk masalah murid: (1) Guru menerjemahkan kalimat pada buku menggunakan metode langsung, (2) Menjelaskan susunan kalimat dan memberikan soal-soal kepada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12202173066 RISMA LUTFIATUN NUR KHASANAH
Date Deposited: 06 May 2024 02:16
Last Modified: 06 May 2024 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45739

Actions (login required)

View Item View Item