PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MTsN 1 KOTA BLITAR

MUHAMMAD HELMI ABDILLAH, 12501194008 (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (574kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Kompetensi Guru di MTsN 1 Kota Blitar” yang ditulis oleh Muhammad Helmi Abdillah, NIM : 12501194008, tahun 2021, Program Magister Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana UIN SATU Tulungagung. Dibimbing oleh: Prof. Dr. Asrop Syafi’i, M. Ag. dan Dr. As’aril Muhajir, M. Ag. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Peran Kepala Sekolah Guru sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran dan terciptanya peserta didik yang berkualitas. Hanya saja, masih banyak kasus di dunia pendidikan yakni masih banyak guru yang bermasalah dalam melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu, peran kepala sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi guru sangat penting, karena dapat mempengaruhi berhasil atau tidaknya mutu dari sekolah itu sendiri. Bersamaan dengan itu, Kepala Sekolah MTsN 1 Kota Blitar sebagai manajer berusaha sebaik mungkin untuk meningkatkan kompetensi seluruh guru dan staff. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana planning kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 1 Kota Blitar? (2) Bagaimana organizing kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 1 Kota Blitar? (3) Bagaimana actuating kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 1 Kota Blitar? (4) Bagaimana controlling kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 1 Kota Blitar? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui planning kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 1 Kota Blitar. (2) Untuk mengetahui organizing kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 1 Kota Blitar. (3) Untuk mengetahui actuating kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 1 Kota Blitar. (4) Untuk mengetahui controlling kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan kompetensi guru di MTsN 1 Kota Blitar. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Teknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, display dan verifikasi data melalui kasus individu dan lintas kasus. Uji keabsahan data ditentukan dengan menggunakan triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran kepala sekolah dalam planning (perencanaan) meliputi; a) merencanakan SDM dengan merinci kebutuhan tenaga pendidik; b) merencanakan program; c) menyusun kebijakan. (2) Peran kepala sekolah dalam organizing (pengorganisasian) yaitu dengan cara: a) membuat struktur organisasi; b) pembagian tugas; c) memilih ketua panitia; d) melengkapi sarana dan prasarana. (3) Peran kepala sekolah dalam actuating (penggerakan) dengan cara: a) memberi arahan, dorongan, semangat, dan motivasi; b) memberi kesempatan guru mengikuti pelatihan dan pendidikan lanjutan; c) meningkatkan kesejagteraan guru. (4) Peran kepala sekolah dalamcontrolling (pengontrol) dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu: a) melakukan pengawasan; b) membangun komunikasi yang baik; c) mengadakan evaluasi secara rutin.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12501194008 M. HELMI ABDILLAH
Date Deposited: 07 May 2024 02:34
Last Modified: 07 May 2024 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45755

Actions (login required)

View Item View Item