Pengaruh Metode Montessori Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri

JESSICA DWI EMALIA, 12204193183 (2023) Pengaruh Metode Montessori Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (830kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Metode Montessori Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri ini ditulis oleh Jessica Dwi Emalia, NIM 12204193183, Program Studi Tadris Matematika, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang Dibimbing oleh Ibu Dr. Musrikah, S. Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Metode Montessori, Kemampuan Berpikir Kreatif Kemampuan berpikir kreatif perlu di kembangkan oleh peserta didik karena memiliki manfaat yang banyak terutama dalam proses pembelajaran matematika. Berpikir kreatif sangat diperlukan dalam pembelajaran yang tujuannya untuk mempermudah siswa menyelesaikan masalah pembelajaran matematika. Terdapat tiga cara dalam berpikir kreatif di antaranya adalah kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh metode montessori terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis (kefasihan) pada materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII MTs Sunan Kalijogo 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh metode montessori terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis (keluwesan) pada materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII MTs Sunan Kalijogo. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh metode montessori terhadap kemampuan berfikir kreatif matematis (kebaruan) pada materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII MTs Sunan Kalijogo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah quasi eksperimen Populasi penelitian ini yaitu seluruh siwa kelas VIII reguler MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri yang berjumlah 360 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII-I dan VIII-J Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji non parametrik jenis MannWhitney. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Ada pengaruh metode Montessori terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada soal kefasihan materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di MTs Sunan Kalijogo Mojo Kediri dalam kategori rendah berdasarkan perhitungan pada uji Cohen dengan hasil 0,453. 2) Ada pengaruh metode Montessori terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada soal keluwesan materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di Mts Sunan Kalijogo Mojo Kediri dalam kategori sedang berdasarkan perhitungan pada uji Cohen dengan hasil 0,798. 3) Ada pengaruh metode Montessori terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada soal kebaruan materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di Mts Sunan Kalijogo Mojo Kediri dalam kategori sedang berdasarkan perhitungan pada uji Cohen dengan hasil 0,510.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193183 JESSICA DWI EMALIA
Date Deposited: 07 May 2024 03:16
Last Modified: 07 May 2024 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45757

Actions (login required)

View Item View Item