STRATEGI KOPERASI WANITA SYARIAH AL HIDAYAH DAN KOPERASI WANITA SYARIAH AS SAKINAH DI MASA PANDEMI COVID-19

ERIKA SINTA PRADEVI, 12401173506 (2022) STRATEGI KOPERASI WANITA SYARIAH AL HIDAYAH DAN KOPERASI WANITA SYARIAH AS SAKINAH DI MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (830kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Koperasi Wanita Syariah Al Hidayah dan Koperasi Wanita Syariah As Sakinah di masa Pandemi Covid-19” ini ditulis oleh Erika Sinta Pradevi, NIM 12401173506, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Hj. Amalia Nuril Hidayati,M.Sy Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kondisi wabah Pandemi Covid-19 yang terjadi di Wuhan kemudian menyebar sampai di Indonesia membuat kondisi ekonomi, sosial, politik, dan aktivitas keseharian masyarakat menjadi terganggu, begitu juga lembaga keuangan syariah. Namun diketahui di Kopwansyah Al Hidayah Plosokandang dan Kopwansyah As Sakinah Tulungagung cenderung tetap stabil ditengah permasalahan global dan tetap beroprasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran Kopwansyah Al Hidayah dan Kopwansyah As Sakinah di masa pandemi covid-19, (2) Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran syariah di Kopwansyah Al Hidayah dan Kopwansyah As Sakinah dalam perspektif marketing syariah di masa pandemi covid-19. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer informan dari objek penelitian dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan dalam penelitian menggunakan trianggulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Strategi kopwansyah Al Hidayah dan kopwansyah As Sakinah di masa pandemi covid-19 dengan teori marketing mix sudah menggunakan sistem 7P, yang meliputi: Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), People (Orang atau Partisipan) Process (Proses) dan Physical Evidance (Bukti Fisik/Fasilitas Fisik), dari ke 7 sistem tersebut sudah di terapkan, akan tetapi belum keseluruhan dilakukan secara optimal, (2) Kendala dan solusi Kopwansyah A Hidayah di masa pandemi covid-19 meliputi kendala kredit macet dan kendala modal. Namun masih ada kendala lain yang dimiliki oleh masing-masing Kopwansyah seperti halnya promosi, solusi yang dapat dilakukan dengan menggunakan sosial media, pembuatan web, dan penggunaan whatsapp bless. Kendala minimnya pengelola dapat menambahkan pengelola sebagai solusi, dan kendala terkait tempat yang sempit dan kurang layak dengan solusi pindah tempat atau memperluas tempat ketika sudah memiliki dana yang cukup. Kata Kunci: Strategi Pemasaran Syariah, Marketing Mix, Pandemi Covid-19

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401173506 ERIKA SINTA PRADEVI
Date Deposited: 10 May 2024 04:07
Last Modified: 10 May 2024 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45767

Actions (login required)

View Item View Item