PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KEPO (KERTAS POTONG) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MA AT – THOHIRIYAH NGANTRU TAHUN AJARAN 2015/2016

KHAMIM JAZULI, 2814123094 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KEPO (KERTAS POTONG) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MA AT – THOHIRIYAH NGANTRU TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER LUAR.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAG. AWAL.pdf

Download (862kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I OK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II OK.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III OK.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV OK.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V OK.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB VI OK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran KERTAS POTONG (KEPO) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Ma At – Thohiriyah Ngantru Tahun Ajaran 2015/2016” yang ditulis oleh Khamim Jazuli, NIM.2814123077, pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: Media, pembelajaran Kertas Potong (KEPO), materi persamaan kuadrat, berpikir kreatif. Fenomena bahwa salah satu penyebab hasil nilai matematika rendah adalah pelaksanaan pembelajaran di kelas masih berorientasi pada guru, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Pada proses pembelajaran yang banyak digunakan para guru saat ini misalnya, guru masih banyak memberikan soal latihan yang memiliki proses penyelesaian tunggal sehingga prosesnya selalu diulang dan dihafal. Kegiatan itu memang memadai dalam proses pembelajaran tetapi cenderung bersifat monoton, kurang kreatif, dan membosankan. Hal ini berdampak buruk bagi hasil belajar siswa, Keterbatasan ingatan siswa membuat mereka hanya menghafal rumus yang dianggap bermakna. Oleh karena itu, siswa tidak bisa hanya mengandalkan ingatan yang ada, melainkan mereka harus meningkatkan ketrampilan berpikirnya. Dengan demikian diperlukan sebuahsebuah kebiasaan dari pikiran yang dilatih dengan memperhatikan intuisi, menghidupkan imajinasi, mengungkapkan kemungkinan-kemungkinan baru, membuka sudut pandang yang menakjubkan, dan membangkitkan ide-ide yang tidak terduga. Dengan berpikir kreatif orang mampu menciptakan hal baru yang tak terduga dengan cara yang sama dengan orang lain. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pemmbelajaran KERTAS POTONG (KEPO)Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MA At – Thohiriyah Ngantru Tahun Ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan populasinya adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 122 siswa, sedangkan sampelnya berasal dari kelas X A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan X B berjumlah 24 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini juga digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan Hasil hitung sig. (2-tailed) <  = 0,05, yaitu 0,017 < 0,05, maka Ada pengaruh penggunaan media pemmbelajaran KERTAS POTONG (KEPO)Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X MA At – Thohiriyah Ngantru Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123094 khamim jazuli
Date Deposited: 12 Jan 2017 06:40
Last Modified: 12 Jan 2017 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4580

Actions (login required)

View Item View Item