PENGARUH PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 NGUNUT

PRISMA HABIBATUL IZZA, 12201193401 (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran di Luar Kelas Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut” ini ditulis Prisma Habibatul Izza, NIM. 12201193401, pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M. Ag. Kata Kunci: Pembelajaran di Luar Kelas, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi yang dilakukan dalam proses pembelajaran yang terlalu monoton, sehingga peserta didik merasa bosan dan jenuh. Menyebabkan kurangnya respon terhadap materi yang diajarkan oleh pendidik. Padahal kelebihan dari pembelajaran di luar kelas itu sangat banyak, diantaranya membuat peserta didik itu lebih bersemangat karena adanya suasana baru dan lingkungan baru. Apabila peserta didik itu merasa senang dan tidak bosan dalam pembelajaran, maka daya tangkap dalam menerima materi yang diajarakan pendidikan terutama pelajaran pendidikan agama Islam itu lebih baik, sehingga peneliti menghubungkan pembelajaran di luar kelas untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMPN 1 Ngunut. Tujuan pada penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis positif dan signifikan pembelajaran di luar kelas terhadap prestasi belajar afektif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut. (2) Untuk menganalisis positif dan signifikan pembelajaran di luar kelas terhadap prestasi belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut. (3) Untuk menganalisis positif dan signifikan pembelajaran di luar kelas terhadap prestasi belajar psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design, populasi dari penelitian ini adalah adalah peserta didik kelas VII-E dan VII-F, pemilihan sampel menggunakan teknik probability sampling dan sampel yang diperoleh kelas VII-E dan VII-F dengan jumlah siswa sebanyak 54 siswa. Untuk pengambilan data peneliti mengambil data nilai pretest dan post-test untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Mengambil data post-test untuk prestasi belajar afektif dan mengambil praktek untuk prestasi belajar psikomotorik. Kemudian mengambil data Analisis instrumen menggunakan validitas, reliabilitas. Dan untuk mengecek keabsahan sampel menggunakan uji normalitas dan homogenitas, hipotesis Adapun hasil penelitian ini menunjukkan (1) hasil perhitungan pada uji t pada prestasi belajar kognitif peserta didik diperoleh nilai sig.(2 -tailed) pada equal Variances assumed sebesar 0,000 taraf nyata α = 0,05. Sehingga 0,00 < 0,05 jadi H0 ditolak dan H1 diterima dengan kelas eksperimen rata-rata 92,11 dan kelas kontrol 76,60. (2) hasil perhitungan pada Uji-t pada prestasi belajar afektif peserta didik diperoleh nilai Sig.(2-tailed) pada equal variances assumsed sebesar 0,000 taraf nyata α = 0,05. Sehingga 0,00 < 0,05 jadi H0 ditolak dan H1 diterima dengan rata-rata 79,03 dan untuk kelas kontrol mencapai rata-rata 63,92. (3) hasil perhitungan pada Uji-t pada prestasi belajar psikomotorik peserta didik diperoleh nilai Sig.(2-tailed) pada equal variances assumsed sebesar 0,000 taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa 0,00 < 0,05 jadi H0 ditolak dan H1 diterima dengan rata-rata kelas eksperimen mencapai 79,84 dan kelas kontrol 61,46.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193401 PRISMA HABIBATUL IZZA
Date Deposited: 08 May 2024 07:07
Last Modified: 08 May 2024 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45818

Actions (login required)

View Item View Item